%0 Thesis %9 Skripsi %A Cahya Ning Lintang, NIM.: 17106080043 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:67394 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K laryngotracheal; atlas; learning media %P 119 %T PENGEMBANGAN ATLAS STRUKTUR ANATOMI ORGAN LARYNGOTRACHEAL PADA TOKEK (GEKKO GECKO) JANTAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67394/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui struktur anatomi organ laryngotracheal pada Tokek (Gekko gecko) jantan, 2) Mengembangkan media belajar atlas anatomi organ laryngotracheal pada Tokek (Gekko gecko) jantan, 3) Mengetahui kualitas media belajar atlas anatomi organ laryngotracheal pada Tokek (Gekko gecko) jantan berdasarkan penilaian para ahli maupun uji responden. Penelitian ini terdiri dari tahap penelitian studi anatomi organ laryngotracheal Tokek (Gekko gecko) dan tahap pengembangan atlas menggunakan aplikasi Canva. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Develompment) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE namun dibatasi hanya sampai pada tahap Development (pengembangan). Hasil penelitian struktur anatomi organ laryngotracheal Tokek (Gekko gecko) jantan terdiri dari: bibir glottis, lateral prosses, krikoid, arytenoid, cincin trachea. Panjang organ laryngotraceal pada tokek yang diamati ialah 4,5 cm. Struktur laring tersusun dari tulang rawan. Hasil akhir penelitian ini berupa media cetak atlas yang dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 dosen pengampu mata kuliah. Uji terbatas dilakukan oleh 30 orang mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penilaian oleh ahli materi mendapatkan nilai 94.57% dengan kualitas sangat layak, ahli media mendapatkan nilai 91.90% dengan kualitas sangat layak, dosen pengampu mata kuliah mendapatkan nilai 95.65% % dengan kualitas sangat baik, serta respon siswa mendapatkan nilai 89.70% dengan kualitas sangat baik. Dengan demikian, maka kualitas Atlas Struktur Anatomi Organ Laryngotracheal pada Tokek (Gekko gecko) ini memiliki kualitas sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi. %Z Pembimbing: Sulistyawati, S.Pd.I., M.Si.