%0 Thesis %9 Skripsi %A Sugeng Cahyadi, NIM.: 98453785 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2003 %F digilib:67618 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K gaya belajar; hasil belajar; pendidikan nasional; prestasi belajar %P 89 %T HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS I SEMESTER II MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2002 / 2003 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67618/ %X Keberhasilan pendidikan nasional secara langsung dapat kita lihat pada lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan. Pendidikan dapat dikatakan berhasil apabila siswa berhasil mengukir prestasi belajar yang baik atau tinggi dalam belajamya. Indikator yang dipakai oleh sebagian masyarakat sebagai tolok ukur keberhasilan belajar adalah daya serap siswa. Jadi prestasi belajar dapat menjadi tolok ukur keberhasilan belajar sekaligus keberhasilan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian satu sampel, sampelnya yaitu siswa kelas I MAN Purworejo. Hubungan antara variabel X (Gaya belajar) dengan Y (Prestasi belajar) berupa hubungan kausal, maka analisis yang dilakukan adalah analisis reb'Tesi, karena variabel X terdiri dari enam prediktor, maka analisisnya adalah analisis reb'Tesi enam prediktor. Penelitian ini akan mengung.kap sejauh mana hubungan antara gaya belajar independent (X 1 ), competitive (X2 ), collahorative (X,), partisipant (X4 ), dependent (X5), dan avoidance (Xr,) dengan prestasi belajar kimia (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara gaya belajar siswa dan prestasi belajar kimia. Siswa dengan gaya belajar yang sesuai dengan metode pengajaran yang diterapkan cenderung memiliki prestasi yang lebih baik. %Z Pembimbing; drs. Sdya Santosa, S.S., M.Pd