TY - THES N1 - Pembimbing: Suprihanto, S.Pd ID - digilib67625 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67625/ A1 - Zulisti Sudarojah, NIM.: 98454030 Y1 - 2004/08/23/ N2 - Lingkungan belajar yang merupakan faktor dari luar diri siswa tidak kondusif maka prestasi akan sulit ditingkatkan. Selain itu siswa mempunyai karakteristik yang tidak sama antara yang satu dengan yang lain dalam hal bakat, sikap, minat, tingkat kecerdasan dan latar belakang sosial ekonomi. Kemudian belajar merupakan segala perubahan yang ada dalam diri seseorang baik dalam sikap dan perilakunya, serta segala aspek dalam dirinya dari masa-masa sebelumnya. Dalam penelitian ini belajar fisika dapat diartikan sebagai segala usaha untuk mencapai perubahan dalam ilmu ftsika dengan menggunakan metode ilmiah untuk mencapai tujuannya seperti prestas belajar fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar fisika dengan prestasi belajar fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar fisika terhadap prestasi belajar fisika siswa. Lingkungan belajar yang kondusif, termasuk dukungan sosial dan fasilitas belajar yang memadai, berkontribusi positif terhadap motivasi belajar siswa, yang pada gilirannya meningkatkan prestasi belajar mereka. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - motivasi belajar; lingkungan belajar; prestasi belajar M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS II SEMESTER IV MTsN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2002/2003 AV - restricted EP - 76 ER -