relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67632/ title: MANAJEMEN PROGRAM AKSELERASI PADA SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA creator: Erlis Indah Wahdiana, NIM.: 03470628-02 subject: 370 Pendidikan subject: 371.2 Pendidikan - Manajemen description: Penyelenggaran program reguler yang dilaksanakan selama ini lebit. banyak bersifat masal, yaitu berorientasi secara kuantitas untuk dapat melayani sebanyak-banyak jumlah siswa. Kelemahan yang segera tampak adalah tidak terakomodasinya kebutuhan individual siswa. Siswa yang relatif lebih cepat dari pada yang lain tidak terakomodasi kebutuhan individual siswa. Siswa yang relatif lebih cepat dari pada yang lain tidak terlayani secara baik sehingga potensi yang dimilikinya tidak dapat tersalur atau berkembang secara optimal. Berdasarkan pengalaman, siswa yang berkemampuan jauh diatas normal cenderung lebih cepat menguasai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Akibatnya siswa seperti ini akan menunggu siswa lain yang lebih lamban dari padanya. Keadaan ini mengakibatkan munculnya kesan dan tindakan kurang baik dari siswa tersebut. Siswa yang berkemampuan luar biasa sering terkesan santai dan kurang memperhatikan pelajaran. Hal ini buruk, siswa cenderung mengganggu temannya sehingga kegiatan belajar mengajar didalam kelas kurang lancar. Keadaan demikian menunjukkan kepada siswa yang berkemampuan luar biasa memerlukan penanganan dan program khusus agar dapat berkembang secara optimal. Untuk melayani siswa yang mempunyai potensi lebih itu, dipelukan program khusus yang lebih cepet atau lebih luas dari pada program regular. Dalam menyenggarakan proses pendidikan, suatu lembaga pendidikan tidak dapat terlepas dari suatu manajemen yang mengaturnya. Sehingga sangat penting, setiap lembaga pendidikan dikelola menurut teori-teori manajemen, dengan tujuan pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan dapat ditingkatkan. Efektifitas dalam pengelolaan pelaksanaan pendidikan sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Setiap lembaga pendidikan, akan membuat manajemen yang digunakan untuk mengelolanya. Seperti halnya dalam penyelenggaraan program akselerasi juga diperlukan manajemen yang baik untuk mengaturnya, sehingga tujuan dari program akselerasi dapat terlaksana. Mengingat pelaksanaan program akselerasi berbeda dengan program regular. Sesungguhnya Pendidikan Islam sangat memperkatikan perbedaan setiap idividu, karena setiap anak yang dilahirkan kedunia ini memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda-beda, seperti yang ada dalam Firman Allah SWT Surat Al-Isra, ayat 21 yang artinya: Perhatikanlah bagai mana kami lebihkan sebagian dari mereka atas sebagian (yang lain). Ayat tersebut nampak jelas adanya perhatian khusus bagi anak-anak yang memiliki kemampuan lebih. Inilah sesungguhnya yang harus diperhatikan dan direalisasiakan oleh pemerintah, masyarakat, praktisi pendidikan dan keluarga untuk memberikan perhatian khusus bagi anak-anak berbakat. Mengingat anak berbakat adalah aset bangsa yang harus dipertahankan dan dikembangkan potensinya. date: 2007-01-27 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67632/1/03470628_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67632/2/03470628_BAB%20II%20sampai%20BAB%20IV.pdf identifier: Erlis Indah Wahdiana, NIM.: 03470628-02 (2007) MANAJEMEN PROGRAM AKSELERASI PADA SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.