%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Ahmad Luthfi, NIM.: 97423503
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2003
%F digilib:67657
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Metode Istiqra'i, Qawaid Nahwu, Metode Pengajaran Bahasa Arab
%P 94
%T PENERAPAN METODE ISTIQRO'I (INDUKTIF) DALAM PENGAJARAN NAHWU BAGI SISWA KELAS II MTs PONDOK PABELAN MUNGKID MAGELANG
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67657/
%X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya metode pengajaran dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa, khususnya dalam pemahaman Nahwu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode istiqra'i dalam pengajaran Nahwu serta kendala yang dihadapi oleh guru di kelas II MTs Pondok Pabelan. Metode penelitian yang digunakan meliputi penentuan subyek dengan metode populasi dan sampling, serta pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengajaran Nahwu menggunakan metode istiqra'i berlangsung dengan baik, dimulai dari pendahuluan hingga penerapan latihan-latihan. Guru aktif memanfaatkan contoh-contoh kalimat dan mendorong siswa untuk bertanya, yang mendukung pemahaman mereka terhadap kaidah-kaidah Nahwu. Namun, kendala yang ditemukan antara lain kurangnya pengulangan materi sebelumnya, yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa. Disarankan agar guru memberikan perhatian lebih terhadap siswa berprestasi dan terus meningkatkan metode pengajaran untuk mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pengajaran Nahwu di madrasah.
%Z Pembimbing: Drs. Nazri Syakur, MA