%0 Thesis %9 Skripsi %A Sela Sulistiani, NIM.: 17105040023 %B FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM %D 2024 %F digilib:67665 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K celestial capitalism; nilai agama,;strategi bisnis; loyalitas pelanggan; SDM %P 78 %T CELESTIAL CAPITALISM: AGAMA DALAM BISNIS WARUNG MAKAN PREKSU DI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67665/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena celestial capitalism di Warung Makan Preksu Yogyakarta dengan melihat nilai-nilai agama dijadikan sebagai dasar dalam menjalankan operasional bisnis. Konsep ini memadukan prinsip-prinsip religius dan strategi bisnis untuk mencapai keseimbangan antara keuntungan material dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana integrasi nilai-nilai agama tersebut diterapkan dalam kegiatan operasional, strategi pemasaran serta pengelolaan sumber daya manusia di Preksu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep celestial capitalism yang menggabungkan nilai spiritual dalam praktik kapitalisme modern dengan melihat agama menjadi modal sosial yang berperan penting dalam menciptakan loyalitas pelanggan dan solidaritas karyawan. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pemilik, 5 karyawan Preksu, dan 3 pelanggan Preksu, observasi langsung serta analisis dokumentasi melalui unggahan-unggahan media sosial Preksu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program keagamaan terhadap konsumen seperti program makan gratis pada hari senin atau kamis bagi yang puasa sunnah serta pada hari jum’at bagi yang sudah membaca surah Al-Kahfi, desain islami pada setiap outlet dan program-program khusus untuk karyawan seperti sedekah, kajian rutin, tadarus memberikan dampak positif terhadap citra usaha dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Meskipun menghadapi tantangan dalam konsistensi dan kejujuran pelanggan bahwa penerapan konsep ini berhasil menciptakan lingkungan bisnis yang tidak hanya efisien tetapi juga kondusif bagi pengembangan spiritual karyawan dan komunitas sekitar. Hasil penelitian disimpulkan bahwa celestial capitalism di Warung Makan Preksu mampu menjadi model bisnis efektif dalam membangun keseimbangan antara aspek ekonomi dan spiritual. Nilai-nilai agama yang diintegrasikan dalam strategi bisnis tidak hanya memberikan keberkahan dalam operasional, tetapi juga memperkuat loyalitas dan membentuk citra positif di mata pelanggan. %Z Pembimbing: Abd Aziz Faiz, M.Hum.