TY - THES N1 - Pembimbing: Abd. Aziz Faiz, M.Hum. ID - digilib67741 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67741/ A1 - Moh Rodi, NIM.: 20105040089 Y1 - 2024/07/22/ N2 - Berkembangnya zaman makna hijrah mulai berubah dan bergeser menjadi sebuah trend perubahan yang muncul dalam komunitas-komunitas hijrah di Indonesia. Hijrah Fest merupakan salah satu komunitas hijrah yang muncul dengan memberikan sebuah pengajian yang dikonsep dalam sebuah festival hijrah. Komunitas Hijrah Fest seringkali memanfaatkan media sosial Instagram dalam penyebaran dakwahnya, baik dari konten-konten yang berisi video atau kutipan dari beberapa ustaz milenial yang mewarnai dalam postingan media sosial mereka. Citra kesalehan yang ditampilkan dalam media sosial Instagram mereka sering kali memanfaatkan public figure sebagai model konten visual mereka, disisi lain konten tersebut terdapat makna tersirat yaitu komodifikasi keagamaan yang diproyeksikan dalam sebuah role model dari life style hingga produk makanan halal. Penelitian ini fokus pada dua rumusan masalah, yakni bagaimana bentuk citra kesalehan visual komunitas hijrah dalam media sosial Instagram Hijrah Fest, dan bagaimana komodifikasi kesalehan visual komunitas dalam media sosial Instagram Hijrah Fest. Penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiologi Agama dengan teori Komodifikasi Agama prespektif Pattana Kitiarsa yang melihat agama lebih mewarnai dalam konteks budaya populer khususnya dalam logika pasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi netnografi. Teknik pengumpalan data dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu investigasi, interaksi dan imersi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa temuan sebagai berikut. Pertama, citra kesalehan visual yang ditampilkan ada dua bentuk yaitu, kesalehan normatif dan kesalehan sebagai gerakan. Kesalehan tersebut kemudian dibangun dalam sebuah festival dengan memanfaatkan hadirnya public figure dan ustaz milenial untuk mendapatkan emosi masyarakat dalam proses pengumpulan masa. Kedua, kesalehan dikomodifikasi oleh para public figure untuk diproyeksikan terhadap kepentingan ekonomi mereka. Seorang muslim yang taat kepada ajaran agama digambarkan dengan berbagai rule model pakaian dan gaya hidup halal. Keterlibatan public figure dan ustaz milenial dalam komunitas Hijrah Fest secara tidak langsung menjadi wajah publik ataupun influencer dalam membentuk kesalehan masyarakat yang diwujudkan dalam sebuah gaya pakaian dan macam lainnya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Citra Visual KW - Komodifikasi Kesalehan KW - Hijrah Fest M1 - skripsi TI - VISUALISASI KESALEHAN KOMUNITAS HIJRAH FEST: HIJRAH DAN KOMODIFIKASI KEAGAMAAN DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HIJRAH FEST AV - restricted EP - 137 ER -