%0 Thesis %9 Skripsi %A AGUS SALIM WIDIYANTO, 07140027 %B Fakultas Adab %D 2012 %F digilib:6776 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %T ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN HARAPAN DAN PERSEPSI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN PAMEKASAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6776/ %X Tujua penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka. Metode yang digunakan adalah LibQual+TM untuk mengukur kualitas pelayanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indikator pengukuran yaitu Affect of Service (sikap petugas perpustakaan dalam melayani pemustaka), Information Control (ketersediaan koleksi dan kemudahan akses informasi) dan Library as Place (perpustakaan sebagai sebuah tempat). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anggota Perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan sebanyak 2489 Orang dan menggunakan teknik incidental sampling sebanyak 96 responden. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai kesenjangan AG (Adequacy Gap) positif dengan nilai 1.73 dan SG (Superiority Gap) positif dengan nilai 0.22. ini berarti kualitas pelayanan telah memenuhi harapan minimum dan harapan yang sesungguhnya pemustaka inginkan, dapat diartikan pula bahwa pemustaka menilai baik dan unggul terhadap pelayanan perpustakaan yang diterimanya. Namun, disisi lain perlu adanya pengembangan sumber daya manusia berkaitan dengan penataan koleksi diperpustakaan, selain itu sistem otomasi khususnya pada bagian opac harus mendapatkan perhatian lebih dari pihak perpustakaan agar dapat memudahkan pemustaka untuk mecari informasi yang mereka inginkan. Kata kunci: LibQual, Kualitas pelayanan, Persepsi, Harapan