%0 Thesis %9 Skripsi %A Fajar Susilowati, NIM.: 96413232 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2003 %F digilib:67809 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Prestasi Belajar PAI, Kognitif, Pengamalan Agama %P 99 %T HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PAI RANAH KOGNITIF DENGAN PENGAMALAN BERAGAMA SISWA MTsN FILIAL JATINOM KLATEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67809/ %X Sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Departemen Agama, MTs N Jatinom berusaha untuk selalu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya. Pembinaan kognitif sudah diterapkan dengan baik di sekolah ini. Hal ini dibuktikan dengan nilai prestasi yang tercantum dalam raport terutama yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan signifikan antara prestasi belajar PAI pada ranah kognitif dengan pengamalan beragama siswa di MTs N Jatianom.Penelitian ini menggunakan dua macam research, yaitu library research dan field research. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Prestasi Belajar PAI pada ranah kognitif mempunyai korelasi positif terhadap pengamalan beragama siswa di MTs N Jatinom. Adapun koefisien korelatif sebesar 0,362 termasuk korelasi yang rendah karena koefisien berada antara 0.200-0.400. Kemungkinan derajat korelasi yang tinggi dengan variabel lain selain ranah kognitif, seperti ranah afektifnya. %Z Pembimbing: Prof. Drs. H. Anas Sudjiono