<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM"^^ . "Kelahiran wayang beber memang tidak bisa dilepaskan dari keberadaan\r\nkerajaan Majapahit. Wayang jenis ini dikenal pertama kali pada masa Majapahit,\r\ntepatnya saat kerajaan di Bumi Trowulan itu dipimpin Raden Jaka Susuruh. Raja\r\nini bergelar Prabu Bratana. Hal itu ditunjukkan dengan suryasengkala pembuatan\r\nwayang beber pada masa itu, yaitu Gunaning Pujangga Sembahing Dewa, yang\r\nmenunjukkan tahun Saka 1283 (1361 M). Saat itu wayang beber masih\r\nmengambil cerita wayang purwa. Ketika pertunjukan, kertas berlukiskan wayang\r\ntersebut digelar (dalam bahasa Jawa: dibeber), dan bila sudah selesai digulung\r\nkembali untuk disimpan. Pada zaman Majapahit, pergelaran wayang beber purwa\r\ndi lingkungan istana sudah menggunakan iringan gamelan. Sementara\r\npertunjukkan wayang beber di luar istana, tepatnya di lingkungan masyarakat\r\nbiasa, hanya diiringi rebab (alat musik gesek khas Jawa). Wayang beber yang\r\nmengambil cerita Panji diperkirakan baru muncul pada zaman Mataram (Islam),\r\ntepatnya pada masa pemerintahan Kasunanan Surakarta. Kala itu raja yang\r\nmemerintah adalah Amangkurat II (1677-1703). Hal itu juga disebutkan dalam\r\nsalah satu tembang Kinanthi yang ada di Serat Centhini.\r\nAlasan penulis memilih tema wayang beber dikarenakan wayang beber\r\ninilah yang merupakan wayang tertua dan disinyalir sebagai bibit dari wayangwayang\r\nyang berkembang di masa selanjutnya, dan wayang beber merupakan\r\npusaka budaya yang “dikeramatkan” hal ini tentunya menarik untuk diteliti lebih\r\njauh. Dengan masuknya Islam khususnya di Jawa merubah aspek-aspek tertentu\r\npada pementasan wayang beber. Dalam pembahasan tentang wayang beber ini\r\nakan disampaikan mengenai pengaruh Islam terhadap kesenian wayang beber dan\r\njuga melacak kegunaan wayang beber sebagai media dakwah. Dalam pembahasan\r\nini juga akan disampaikan aspek apa saja yang terkandung dalam wayang beber\r\nini dan dampak yang ditimbulkan pada masyarakat dewasa ini. Penelitian ini\r\ndianalisis menggunakan teori akulturasi budaya yang pada bahasan ini terlihat\r\nadanya percampuran budaya Islam dengan budaya sebelumnya dalam pertunjukan\r\nwayang beber namun dari segi pertunjukan tidak berubah, hanya saja\r\nditambahkan nilai relegius dalam ceritanya. Sedangkan pendekatan yang\r\ndigunakan adalah pendekatan antropologis, karena yang akan diteliti adalah\r\nwayang beber terhadap masyarakat Jawa, maka dari itu pendekatannya\r\nmenggunakan antropologis. Teori lain yang mendukung adalah teori evolusi yang\r\nsecara garis besar menandai perubahan yang terjadi pada masyarakat setelah\r\nwayang beber digunakan sebagai media dakwah. Dengan kedua teori tersebut\r\ndiharapkan dapat mempertegas batas bahasan tentang Wayang Beber dan\r\nPerkembangan Islam ini."^^ . "2012-04-01" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Adab, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. (07120051)"^^ . "ANDRI SUSANTO"^^ . "NIM. (07120051) ANDRI SUSANTO"^^ . . . . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "WAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #6783 \n\nWAYANG BEBER DAN PERKEMBANGAN ISLAM\n\n" . "text/html" . .