%0 Thesis %9 Skripsi %A Ahmad Hariandi, NIM.: 98423941 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2003 %F digilib:67854 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Tata bahasa Arab, hamzah, penulisan hamzah, metode pengajaran, metode induktif, abjad hijaiyyah, hamzah wasl, hamzah qat' %P 126 %T KITABAH AL HAMZAH WA TARIQAH TA'LIMIHA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67854/ %X Skripsi ini membahas tentang tata bahasa Arab, khususnya mengenai penulisan hamzah dan metode pengajarannya dari sudut pandang metodologis. Penelitian ini merumuskan tiga masalah utama: (1) definisi hamzah dan klasifikasinya, (2) aturan penulisan hamzah, dan (3) metode pengajaran penulisan hamzah. Hamzah adalah huruf vokal pertama dalam abjad hijaiyyah, yang ditulis sebagai "alif" atau kadang "ya", dan terbagi menjadi beberapa jenis seperti hamzah asli, hamzah istifham, hamzah nida', hamzah wasl, dan hamzah qat'. Aturan penulisan hamzah berbeda tergantung pada posisinya dalam kata serta harakat huruf sebelumnya. Metode pengajaran yang dianjurkan untuk pemula adalah metode induktif, yang mendorong siswa berpikir kritis dan berpartisipasi aktif. Metode ini juga sesuai untuk tingkat menengah dan atas karena mendukung inovasi dan pemikiran cepat siswa dalam memahami penulisan hamzah. %Z Pembimbing: : Nazri Syakur, MA