eprintid: 67854 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/06/78/54 datestamp: 2024-10-14 03:22:53 lastmod: 2024-10-22 07:07:08 status_changed: 2024-10-14 03:22:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ahmad Hariandi, NIM.: 98423941 title: KITABAH AL HAMZAH WA TARIQAH TA'LIMIHA ispublished: pub subjects: 492.7076 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Tata bahasa Arab, hamzah, penulisan hamzah, metode pengajaran, metode induktif, abjad hijaiyyah, hamzah wasl, hamzah qat' note: Pembimbing: : Nazri Syakur, MA abstract: Skripsi ini membahas tentang tata bahasa Arab, khususnya mengenai penulisan hamzah dan metode pengajarannya dari sudut pandang metodologis. Penelitian ini merumuskan tiga masalah utama: (1) definisi hamzah dan klasifikasinya, (2) aturan penulisan hamzah, dan (3) metode pengajaran penulisan hamzah. Hamzah adalah huruf vokal pertama dalam abjad hijaiyyah, yang ditulis sebagai "alif" atau kadang "ya", dan terbagi menjadi beberapa jenis seperti hamzah asli, hamzah istifham, hamzah nida', hamzah wasl, dan hamzah qat'. Aturan penulisan hamzah berbeda tergantung pada posisinya dalam kata serta harakat huruf sebelumnya. Metode pengajaran yang dianjurkan untuk pemula adalah metode induktif, yang mendorong siswa berpikir kritis dan berpartisipasi aktif. Metode ini juga sesuai untuk tingkat menengah dan atas karena mendukung inovasi dan pemikiran cepat siswa dalam memahami penulisan hamzah. date: 2003-02-11 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad Hariandi, NIM.: 98423941 (2003) KITABAH AL HAMZAH WA TARIQAH TA'LIMIHA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67854/1/98423941_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67854/2/98423941_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf