eprintid: 67877 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12255 dir: disk0/00/06/78/77 datestamp: 2024-10-17 02:27:47 lastmod: 2024-10-17 02:27:47 status_changed: 2024-10-17 02:27:47 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: irhamny09@gmail.com creators_name: Luluk Maswibah, NIM.: 99424500 title: STUDI PERBANDINGAN KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAHALIYAH GBPP TAHUN 1984 DAN 1994 (Telaah Kritis Metode dan Materi) ispublished: pub subjects: 375 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: kurikulum; Bahasa Arab note: Pembimbing : Drs. H.A.Rodli, M.Pd. abstract: Kurikulum merupakan seperangkat rancangan nilai, pengetahuan dan ketrampilan yang harus ditransfer kepada peserta didik dan bagaimana proses transfer tersebut dapat dilaksanakan. Dengan berpedoman pada kurikulum, interaksi pendidikan antara guru dan siswa dapat berlangsung dengan baik. lnteraksi ini tidak berlangsung dalam ruang hampa melainkan selalu terjadi dalam lingkungan tertentu yang mencakup antara lain lingkungan fisik, sosial-budaya, ekonomi, politik dan agama. Dan keberhasilan pelaksanaan kurikulum ditentukan pula oleh mutu garu, kemampuan siswa, partisipasi orang tua dan masyarakat serta kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola kurikulum. Dengan demikian kesatuan pendapat dalam melaksanakan kurikulum akan menentukan pula kualitas atau mutu dari sistem Pendidikan Penelitian ini membahas tentang bagaimana pogram pengajaran kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah tahun serta membandingkannya. Penelitian ini adalah penelitian Pustaka (library research) yaitu penelitian yang menggunakan buku-buku, majalah, dan lain-lain yang berkaitan dengan pembahasan pengembangan kurikulum. Kesimpulan penelitian ini adalah : Program pengajaran kurikulum bahasa Arab Madrasah Aliyah yang merupakan kelanjutan pengembangan pengajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah ini memiliki fungsi ganda sebagai bahasa ilmu , pengetahuan maupun alat komunikasi. Dalam kurikulum 1984 metode yang digunakan adalah metode langsung (Direct method), Kurikulum 1994 metode yang digunakan adalah metode campuran (£elected method). ldealisasi yang dijadikan target dalam kurikulum yang satu (1984) berbeda dengan kurikulum yang lainnya (1994). Baik dari segi metode dan materinya, meskipun buku yang dipakai buah karya dari pengarang yang sama yakni Drs. H.D Hidayat. date: 2003-08-05 date_type: published pages: 86 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Luluk Maswibah, NIM.: 99424500 (2003) STUDI PERBANDINGAN KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAHALIYAH GBPP TAHUN 1984 DAN 1994 (Telaah Kritis Metode dan Materi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67877/1/3.%209424500_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67877/2/3.%2099424500_BAB%20II%20sampai%20BAB%20IV.pdf