eprintid: 67877
rev_number: 13
eprint_status: archive
userid: 12255
dir: disk0/00/06/78/77
datestamp: 2024-10-17 02:27:47
lastmod: 2024-10-17 02:27:47
status_changed: 2024-10-17 02:27:47
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: irhamny09@gmail.com
creators_name: Luluk Maswibah, NIM.: 99424500
title: STUDI PERBANDINGAN KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAHALIYAH GBPP TAHUN 1984 DAN 1994 (Telaah Kritis Metode dan Materi)
ispublished: pub
subjects: 375
divisions: jur_pba
full_text_status: restricted
keywords: kurikulum; Bahasa Arab
note: Pembimbing : Drs. H.A.Rodli, M.Pd.
abstract: Kurikulum merupakan seperangkat rancangan nilai, pengetahuan dan ketrampilan yang harus ditransfer kepada peserta didik dan bagaimana proses transfer tersebut dapat dilaksanakan. Dengan berpedoman pada kurikulum, interaksi pendidikan antara guru dan siswa dapat berlangsung dengan baik. lnteraksi ini tidak berlangsung dalam ruang hampa melainkan selalu terjadi dalam lingkungan tertentu yang mencakup antara lain lingkungan fisik, sosial-budaya, ekonomi, politik dan agama. Dan keberhasilan pelaksanaan kurikulum ditentukan pula oleh mutu garu, kemampuan siswa, partisipasi orang tua dan masyarakat serta kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola kurikulum. Dengan demikian kesatuan pendapat dalam melaksanakan kurikulum akan menentukan pula kualitas atau mutu dari sistem Pendidikan
Penelitian ini membahas tentang bagaimana pogram pengajaran kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah tahun serta membandingkannya. Penelitian ini adalah penelitian Pustaka (library research) yaitu penelitian yang menggunakan buku-buku, majalah, dan lain-lain yang berkaitan dengan pembahasan pengembangan kurikulum.
Kesimpulan penelitian ini adalah : Program pengajaran kurikulum bahasa Arab Madrasah Aliyah yang merupakan kelanjutan pengembangan pengajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah ini memiliki fungsi ganda sebagai bahasa ilmu , pengetahuan maupun alat komunikasi. Dalam kurikulum 1984 metode yang digunakan adalah metode langsung (Direct method), Kurikulum 1994 metode yang digunakan adalah metode campuran (£elected method). ldealisasi yang dijadikan target dalam kurikulum yang satu (1984) berbeda dengan kurikulum yang lainnya (1994). Baik dari segi metode dan materinya, meskipun buku yang dipakai buah karya dari pengarang yang sama yakni Drs. H.D Hidayat.
date: 2003-08-05
date_type: published
pages: 86
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Luluk Maswibah, NIM.: 99424500  (2003) STUDI PERBANDINGAN KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAHALIYAH GBPP TAHUN 1984 DAN 1994 (Telaah Kritis Metode dan Materi).  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67877/1/3.%209424500_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67877/2/3.%2099424500_BAB%20II%20sampai%20BAB%20IV.pdf