eprintid: 67901 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12255 dir: disk0/00/06/79/01 datestamp: 2024-10-16 07:28:37 lastmod: 2024-10-16 07:43:33 status_changed: 2024-10-16 07:28:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: irhamny09@gmail.com creators_name: Daimah Ely Sobariah, NIM.: 9942 4252 title: METODE PENGAJARAN BACA AL-QUR'AN DI AN-NUUR FOUNDATION JOGJAKARTA (Dalam Perspektif Pengajaran Membaca Permulaan Bahasa Arab) ispublished: pub subjects: 492.7076 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode Pengajaran ; metode An-Nuur note: Pembimbing : Dr. H. A. Janan Asyifudin, MA. abstract: Dalam pengajaran membaca permulaan Bahasa Arab biasanya dilakukan dengan cara belajar membaca al Qur’an atau dengan cara mengaji baik di masjid atau di rumah dan dilakukan dalam waktu yang relative lama bahkan sampai bertahun-tahun. Lamanya membaca permulaan bahasa Arab ini menimbulkan rasa malas bagi orang yang akan mempelajarinya terlebih bagi orang tua. Dalam dunia Pendidikan banyak pelajar dan mahasiswa yang masih belum bisa membaca al Qur’an. Huruf dalam al Qur’an adalah huruf Arab, dengan demikian mereka yang tidak bisa membaca huruf Arab secara otomatis tidak bisa membaca al Qur’an. Dengan adanya hal diatas, penulis tertarik dan mengadakan penelitian di An Nuur Foundation Jogyakarta dengan adanya metode An-Nuur yang ditemukan oleh DR. HM. Rosyady, S.Ag., MM., MBA., dimana dengan metode ini seseorang bisa membaca al Qur’an dalam waktu yang singkat yaitu 2 jam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode apa yang digunakan serta materi yang di sampaikan dalam metode An-Nuur dan juga ingin mengetahui hasil yang dicapai dengan menggunakan metode An-Nuur dalam pengajaran baca al Qur’an. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan menggunakan metode Observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, metode Tes, dan Analisis Data. Hasil dan kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah : Dalam pengajaran baca al Qur’an dengan metode An-Nuur dengan menggunakan analogi pada materi angka Arab, huruf hijaiyah, tanda baca, dan ilmu tajwidm untuk memudahkan dalam memahami apa yang mereka pelajari. Metode An-Nuur ini khusus orang dewasa dan orangtua. Metode An_Nuur adalah metode pengajaran yang menggunakan system cepat karena peserta dalam waktu sehari pelatihan dan di tambah kali pertemuan ternyata banyak dari peserta yang bisa baca al Qur’an. date: 2004-02-04 date_type: published pages: 98 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Daimah Ely Sobariah, NIM.: 9942 4252 (2004) METODE PENGAJARAN BACA AL-QUR'AN DI AN-NUUR FOUNDATION JOGJAKARTA (Dalam Perspektif Pengajaran Membaca Permulaan Bahasa Arab). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67901/1/1.%2099424252_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67901/2/1.%2099424252_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf