eprintid: 67909 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 12255 dir: disk0/00/06/79/09 datestamp: 2024-10-17 04:37:02 lastmod: 2024-10-17 04:37:02 status_changed: 2024-10-17 04:37:02 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: irhamny09@gmail.com creators_name: Syarifah Nuzuliana, NIM.: 99474426 title: HAK ANAK UNTUK BERMAIN MENURUT PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Islam; Hak Anak; bermain note: Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto abstract: Penelitian ini membahas tentang bermain menurut Pendidikan Islam, bagaimana konsep Pendidikan Islam dalam memberikan hak kepada anak untuk bermain dan apa saja yang harus diperhatikan dalam memilihkan permainan bagi anak menurut Pendidikan Islam. Di samping itu, skripsi ini juga meneliti, mempelajari dan menelaah tentang fungsi permainan dalam menanamkan jiwa keagamaan dan mempertinggi daya cipta anak di TK/RA Muslimat 10 Manyar Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau literer dengan menggunakan metode dokumentasi, maka sumber data diambil dari bukuĀ­buku atau catatan-catatan yang berkaitan dengan judul di atas. Adapun sumber data ini dibagi menjadi dua: yaitu sumber primer dan sumber data sekunder. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah : Pendidikan Islam sangat menghargai arti bermain bagi anak, karena Islam memandang bahwa seorang anak mempunyai fitrah dan potensi yang dapat dikembangkan melalui bermain, baik bermain itu dilakukan sendiri maupun dilakukan bersama dengan ternan-temannya di mana orang tua hams lebih selektif dalam memilihkan pennainan bagi anak dan memberikan permainan-permaman yang islami agar anak dapat mengembangkan fungsi psikomotornya dengan baik dan tidak terjemmus pada permainan yang memsak akhlak dan moral anak. Islam mengakui, akan adanya hak-hak anak dalam bermain sebab untuk menjadikan anak menjadi seorang yang berkepribadian muslim sebagaimana halnya dengan tujuan pendidikan Islam, tidak hanya dengan mengikutkan anak pada kegiatan persekolahan saja, tetapi dapat juga melalui bennain sebagaimana dunianya. Faktor-faktor yang hams diperhatikan oleh pendidik, khususnya orang tua dalam memilihkan permainan bagi anak adalah sebagai berikut: kesehatan, perkembangan motorik, inteligensi, jenis kelamin, lingkungan dan taraf sosial, dan alat permainan. Kesemua faktor tersebut harus benar-benar diperhatikan agar anak tidak salah dalam melakukan permainan dan tidak merusak fisik maupun psikisnya. date: 2003-10-18 date_type: published pages: 116 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Syarifah Nuzuliana, NIM.: 99474426 (2003) HAK ANAK UNTUK BERMAIN MENURUT PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67909/1/7.%2099474426_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67909/2/7.%2099474426_BAB%20II%20sampai%20BAB%20IV.pdf