%0 Thesis %9 Skripsi %A Titi Patiha, NIM.: 99424402 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2004 %F digilib:67910 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Motivasi; Bahasa Arab %P 90 %T MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH MACHALUL BAEDI DI PONDOK PESANTREN AL-ASYHAR NGENTAKSARI, KESONGO, TUNTANG, SEMARANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67910/ %X Penelitian mengenai motivasi belajar Bahasa Arab siswa di MI Machalul Baedl ini penulis lebih memfokuskan pada penelitian mengenai macam-macam motivasi yang dimiliki siswa dalam mempelajari bahasa. Di MI Machalul Baedl ini mata pelajaran bahasa arab hanya diberikan pada kelas I dan II sedangkan untuk kelas-kelas selanjutnya para siswa lebih mengimplementasikan bahasa untuk mempelajari beberapa kitab yang menjadi rujukan maupun mata pelajaran. Meskipun mata pelajaran bahasa arab tidak ada di kelas III sampai kelas VI, namun dengan metode belajar langsung dari kitab ini menjadi motivasi tersendiri bagi siswa untuk mempelajari bahasa arab. Penelitian ini menggunakan metode Observasi, interview, angket, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data dan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana dalam menganalisa data yang diperoleh menggunakan Analisa data kualitatif dan kuantitatif Hasil dari penelitian ini menyimpulkan : 1. motivasi instrinsik adalah suatu motivasi muncul dari dalam siswa itu sendiri. Siswa memiliki dorongan yang kuat dari dalam dirinya untuk mempelajari Bahasa Arab, karena siswa menyadari bahwa dengan kemampuan bahasa Arab maka siswa akan mudah daJam mempelajari ilmu-ilmu lainnya yang diajarkan di Madrasah tersebut dan dapat membaca buku dan literatur bahasa Arab. sehingga nantinya bisa menjadi seorang yang ahli dalam bidang agama. 2. motivasi ekstrinsik adalah suatu motivasi yang mempengaruhi motivasi belajar siswa MI Machalul Baedl dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Motivasi ekstrinsik ini muncul karena adanya rangsangan dari luar siswa itu sendiri. Siswa akan semangat dalam belajar bahasa Arab karena adanya dorongan dari luar. Tetapi faktor kesungguhan siswa dalam belajar Bahasa Arab menjadi penentu keberhasilan siswa. Dilihat dari perspektif ini motivasi ekstrinsik siswa MI MachaJul Baedl memiliki pengaruh yang tidak kalah besarnya dari motivasi instrinsik. Jadi motivasi ekstrinsik bukanJah motivasi yang tidak baik tetapi keduanya memiliki fungsi yang hampir sama baik motivasi instrinsik maupun ekstrinsik, karena semua motivasi adalah untuk tujuan pengajaran yang lebih baik. %Z Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin A.,M.Ag.