relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67915/ title: PROFESIONALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI TKA AMM KOTAGEDE YOGYAKARTA creator: Mufa'atun, NIM.: 99414170 subject: 371.33 Media Pembelajaran description: Skripsi ini memaparkan tentang profesionalitas guru TKA AMM dalam menggunakan alat peraga, maka sebagai akhir dari pembahasan skripsi ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : I. Bahwa sebagian besar guru TKA AMM Kotagede mempunyai kemampuan profesional yang baik dalam menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran PAI (yang terperinci dalam materi pokok dan materi penunjang), sehingga dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat lebih efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Hal ini didasarkan pada: a) Kemampuan dan ketrampilan dalam memilih dan menggunakan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut tercermin dalam rangkaian kegiatan yang melibatkan penggunaan alat peraga dilakukan secara cermat, jeli, teliti dan sistematis. Yaitu disesuaikan dengan tujuan, materi yang akan disampaikan, kondisi siswa dan kelas, alat yang tersedia, metode yang dipakai serta alokasi waktu yang tersedia. Dengan penggunaan alat peraga dalam KBM bisa lebih menarik perhatian anak, karena keberadaan alat peraga bisa memberikan nuansa yang berbeda sehingga KBM tidak dirasakan monoton oleh anak. b) Kemampuan dan kreatifitas dalam membuat/menciptakan a lat peraga sederhana. Untuk dapat menggunakan alat peraga agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka perlu kiranya memiliki fasilitas alat peraga yang lengkap. Padahal hal tersebut tentu saja sulit untuk dilakukan karena tidak semua fasilitas disediakan oleh pihak lembaga. Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, guru di TKA A.MM banyak melakukan terobosan dengan menciptakan sendiri alat peraga yang kiranya dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Alat-alat tersebut mempunyai sifat rasional, ekonomis dan praktis, karena disesuaikan dengan kondisi jiwa anak dan tidak harus didapat dengan membeli, akan tetapi mereka membuat sendiri alat-alat peraga sederhana, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat, yaitu dengan catatan bahan-bahan tersebut dapat membantu anak memahami materi yang disampaikan dan menarik perhatian anak, yaitu sesuai dengan sifat dasar anak, bahwa sesuatu yang anak suka maka akan mudah melekat dalam benak anak. 2. Penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran PAI di TKA A.MM dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan penghambat yang dapat memberikan dampak positif dan negatif. Faktor pendukung tersebut meliputi : tersedianya fasilitas yang menjadi sarana dan prasarana KBM di TKA A.MM, kemampuan dan ketrampilan guru dalam memilih dan menggunakan alat peraga, kreatifitas guru dalam membuat/menciptakan alat peraga sederhana dan keaktifan siswa dalam mengikuti jalannya KBM. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah terbatasnya kelengkapan alat peraga, terbatasnya alokasi waktu yang ada, masih adanya tenaga guru yang kurang professional serta belum tersosialisasinya pembinaan tentang penggunaan alat peraga secara khusus. date: 2003-12-18 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67915/1/99414170_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67915/2/99414170_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf identifier: Mufa'atun, NIM.: 99414170 (2003) PROFESIONALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI TKA AMM KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.