TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj, Marhumah., M.Pd. ID - digilib67978 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67978/ A1 - Makrifatun, NIM.: 05410122 Y1 - 2010/01/29/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah karena banyaknya aktifitas mahasiswa dan mahasiswi penghafal al-Qur?an yang menganggu proses hafalannya. Jika tidak ada motivasi yang kuat, hal tersebut akan sulit tercapai. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk meneliti bagaimana pengaruh motivasi terhadap peningkatan hafalan al-Qur?an pada mahasiswa dan mahasiswi. Adapun rumusan masalahnya ada tiga, yaitu bagaimana tingkat motivasi mahasiswa dalam menghafal al-Qur?an, bagaimana peningkatan hafalan al-Qur?an dan bagaimana pengaruh motivasi terhadap peningkatan hafalan al-Qur?an. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi menghafal al-Qur?an dengan peningkatan hafalan al-Qur?an di PPTQ Al- Asy?ariyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dangan mengambil latar PPTQ Al-Asy?ariyyah. Subyek penelitian ini adalah pengampu tahfidz, pengurus PPTQ Al-Asy?ariyyah dan mahasiswa dan mahasiswi penghafal al-Qur?an yang tinggal di PPTQ Al-Asy?ariyyah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, interview, angket, dokumentasi dan observasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dengan rumus Product Moment dan uji Relibialitas dengan menggunakan Alpha Cronbach, dan uji pra syarat analisis menggunakan uji normalitas Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi mahasiswa dalam menghafal al-Qur?an dan peningkatan hafalan al-Qur?an berada pada kategori tinggi, dan terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi dengan peningkatan hafalan al-Qur?an . PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Hafalan Al- Qur?an KW - Motivasi Mahasiswa KW - Pondok Pesantren M1 - skripsi TI - PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR?AN PADA MAHASISWA DAN MAHASISWI YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN TAHFIZHUL QUR?AN AL ASY?ARIYYAH WONOSOBO AV - restricted EP - 91 ER -