eprintid: 67981 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/79/81 datestamp: 2024-10-21 04:49:56 lastmod: 2024-10-21 04:49:56 status_changed: 2024-10-21 04:49:56 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ai Siti Nurhamidah, NIM.: 06410017 title: IMPLEMENTASI STRATEGI PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Strategi Puzzle, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Strategi Pembelajaran note: Pembimbing: Suwadi, M.Ag. abstract: Berawal dari latar belakang masalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran Al- Qur’an Hadits di MAN Sabdodadi Bantul masih kurang kreatif sehingga mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam belajarnya. Oleh karena itu diperlukan sebuah solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut. Strategi Puzzle dalam pembelajaran ini diterapkan untuk lebih menjadikan siswa aktif berpartisipasi dan lebih percaya diri dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Strategi Puzzle merupakan variasi dalam pembelajaran agar tidak monoton dan siswa tidak merasa bosan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, dua pertemuan tiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dri tahapantahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas X MAN Sabdodadi Bantul. Pengumplan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi Puzzle dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Sabdodadi Bantul yang diterapkan pada semua materi pelajaran dengan menggunakan berbagai variasi yang dikombinasikan dengan berkolompok. 2) Pembelajaran Al-Qur'an Hadits dengan menggunakan strategi Puzzle mampu meningkatkan hasil belajar Al-Qur'an Hadits yakni ditandai dengan semakin besarnya antusias siswa untuk mengikuti mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Tindakan 1 dan 2 dinyatakan berhasil, hal ini diketahui dari nilai-nilai siswa yang rata-rata terletak di atas 7,0 yaitu untuk siklus 1 sebesar 60,6% dan untuk siklus 2 sebesar 76,3% dari hasil awal peningkatan kenaikan skor pretest dan posttest sebesar 13,8% untuk tindakan 1 6,8% dan untuk tindakan 2. 9,74% Angka persentase yang didapatkan pada siklus 1. Hal ini dikarenakan materi pelajaran pada siklus 2 tidak semudah seperti pada siklus 1. Indikator keberhasilan pelaksanaan siklus ini lebih ditekankan pada peningkatan keterlibatan siswa dalam pelajaran dan meningkatan prestasi belajar siswa. hal ini ditunjukan dengan 60,6% (untuk tindakan 1) dan 76,3% (untuk tindakan2) siswa kelas X telah mencapai daya serap lebih dari 75% materi Al-Qur’an Hadits yang disampaikan di kelas. Secara keseluruhan peningkatan yang terjadi sebesar 46%, kemudian pada siklus I 74% dan siklus II sebesar 77% hal ini mengalami peningkatan cukup baik. date: 2010-06-24 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ai Siti Nurhamidah, NIM.: 06410017 (2010) IMPLEMENTASI STRATEGI PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67981/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67981/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf