@phdthesis{digilib68008,
           month = {March},
           title = {PENGGUNAAN PETA KONSEP MANDIRI DALAM MEMBANGKITKAN MINAT DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X.D SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.: 04461132 M. Choirul Adib},
            year = {2010},
            note = {Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si.},
        keywords = {Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4D, Peta Konsep,
Minat Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa.},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68008/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
dengan menggunakan peta konsep mandiri untuk membangkitkan minat dan
meningkatkan prestasi belajar fisika siswa.
Penelitian ini merupakan developmental research model 4D, yang
meliputi proses define, design, develop dan disseminate dengan subjek penelitian
siswa kelas X.D SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010
sebanyak 22 siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dirancang pada
tahap design dengan mempertimbangkan perkiraan kebutuhan pada tahap define.
Perangkat pembelajaran kemudian diujicobakan dengan metode pembelajaran
peta konsep mandiri pada tahap develop. Pengembangan perangkat pembelajaran
menggunakan peta konsep mandiri bertujuan untuk mengetahui minat dan prestasi
belajar. Data minat belajar siswa diperoleh dari angket minat belajar, sedangkan
data prestasi belajar diperoleh dengan soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian
yang berupa data minat belajar siswa kemudian dianalisis secara deskriptif dengan
teknik persentase keberhasilan dan data prestasi belajar siswa dengan
perbandingan nilai post-test uji coba I dengan post-test uji coba II dan post-test uji
coba III.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran fisika dengan
mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan peta konsep mandiri
dapat membangkitkan minat belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya
minat belajar siswa di setiap uji coba dengan rata-rata sebesar 75,09\% pada uji
coba I, 78,36\% pada uji coba II, dan 80,09\% pada uji coba III serta meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas X.D SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang
ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar siswa di setiap uji coba. Prestasi
belajar siswa meningkat dengan rata-rata 31,82\%.}
}