%0 Thesis
%9 Skripsi
%A M. Choirul Adib, NIM.: 04461132
%B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
%D 2010
%F digilib:68008
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4D, Peta Konsep,  Minat Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa.
%P 106
%T PENGGUNAAN PETA KONSEP MANDIRI DALAM MEMBANGKITKAN MINAT DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X.D SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68008/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran  dengan menggunakan peta konsep mandiri untuk membangkitkan minat dan  meningkatkan prestasi belajar fisika siswa.  Penelitian ini merupakan developmental research model 4D, yang  meliputi proses define, design, develop dan disseminate dengan subjek penelitian  siswa kelas X.D SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010  sebanyak 22 siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dirancang pada  tahap design dengan mempertimbangkan perkiraan kebutuhan pada tahap define.  Perangkat pembelajaran kemudian diujicobakan dengan metode pembelajaran  peta konsep mandiri pada tahap develop. Pengembangan perangkat pembelajaran  menggunakan peta konsep mandiri bertujuan untuk mengetahui minat dan prestasi  belajar. Data minat belajar siswa diperoleh dari angket minat belajar, sedangkan  data prestasi belajar diperoleh dengan soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian  yang berupa data minat belajar siswa kemudian dianalisis secara deskriptif dengan  teknik persentase keberhasilan dan data prestasi belajar siswa dengan  perbandingan nilai post-test uji coba I dengan post-test uji coba II dan post-test uji  coba III.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran fisika dengan  mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan peta konsep mandiri  dapat membangkitkan minat belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya  minat belajar siswa di setiap uji coba dengan rata-rata sebesar 75,09% pada uji  coba I, 78,36% pada uji coba II, dan 80,09% pada uji coba III serta meningkatkan  prestasi belajar siswa kelas X.D SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang  ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar siswa di setiap uji coba. Prestasi  belajar siswa meningkat dengan rata-rata 31,82%.
%Z Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si.