relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68010/ title: EFEKTIVITAS PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2009/2010 creator: Erna Ristiani, NIM.: 05440038 subject: 540.7 Pendidikan Kimia description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penilaian portofolio terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Efektivitas tersebut dapat dilihat dari adanya aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas X di MAN Yogyakarta II tahun pelajaran 2009/2010. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen (control group pretest posttest). Subjek penelitian adalah siswa kelas X. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas belajar diperoleh dari observasi aktivitas belajar dan hasil belajar siswa diperoleh dari pretest dan postest. Data aktivitas belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan masing-masing aspek dalam aktivitas belajar. Data hasil belajar siswa ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan uji-t yaitu selisih nilai pretest dan posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas yang dilakukan penilaian portofolio lebih tinggi dibandingkan kelas yang penilaiannya secara konvensional dan efektif meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X MAN Yogyakarta II pada Materi Pokok Ikatan Kimia. Perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dari masing-masing aspek aktivitas belajar yang meliputi aspek memperhatikan penjelasan guru pada kelas eksperimen lebih tinggi 9,13%, keaktivan meringkas pada kelas eksperimen lebih tinggi 16,49%, menjawab pertanyaan pada kelas eksperimen lebih tinggi 13,59%, mengajukan pertanyaan pada kelas eksperimen lebih tinggi 15%, membaca buku materi pada kelas eksperimen lebih tinggi lebih rendah 1,56%, keaktifan dalam bekerja kelompok lebih tinggi 13,08%, menyimpulkan materi pelajaran lebih tinggi 19,43%. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukan dengan uji-t. Berdasarkan nilai pretest diperoleh nilai t hitung 0,560 dan probabilitas 0,584 > 0,05 yang artinya tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan selisih nilai pretest dan posttest antara kelas ekspermen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung 2,049 dan probabilitas 0,037 < 0,05, terdapat perbedaan yang signifikan yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar kimia siswa. date: 2010-01-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68010/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68010/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Erna Ristiani, NIM.: 05440038 (2010) EFEKTIVITAS PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.