relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68013/ title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP creator: Hultawati, NIM.: 08600019 subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran description: Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pemanfaatan LKS dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP N 5 Banguntapan pada pokok bahasan aritmetika sosial. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pemanfaatan LKS dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar afektif siswa kelas VII SMP N 5 Banguntapan pada pokok bahasan aritmetika sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen (NonEquivalent Control Group Design). Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran tipe GI dengan pemanfaatan LKS dan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, variabel terikat berupa hasil belajar matematika siswa pada ranah kognitif serta ranah afektif, dan variabel kontrol berupa materi, waktu, kelas, dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banguntapan sebanyak 109 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas VIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor gain. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pemanfaatan LKS lebih berpengaruh dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP N 5 Banguntapan pada pokok bahasan aritmetika sosial, dengan nilai sig. sebesar 0,0005 < 0,05. (2) model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pemanfaatan LKS lebih berpengaruh dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar afektif siswa kelas VII SMP N 5 Banguntapan pada pokok bahasan aritmetika sosial, dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. date: 2013-03-14 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68013/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68013/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Hultawati, NIM.: 08600019 (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.