TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Haryanto ID - digilib68017 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68017/ A1 - Suyadi, NIM.: 082251048 Y1 - 2010/03/17/ N2 - meningkatkan kecerdasan anak, juga merupakan pemenuhan terhadap kebutuhan batiniahnya. Dalam hal ini, permainan akan digunakan untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini. Tetapi, upaya mengembangkan kecerdaskan spiritual anak dengan permainan di era teknologi informasi digital seperti sekarang ini dihadapkan pada tiga persoalan mendasar, yaitu, pertama, permainan edukatif yang berkembang pada PAUD selama ini belum menyentuh dimensi spiritualitas anak, sehingga diperlukan upaya pengembangan lebih jauh. Kedua, tuntutan model permainan edukatif yang mampu mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Ketiga, penyesuaian permainan edukatif spiritual dengan perkembangan zaman, yakni era teknologi informasi digital (multimedia). Berangkat dari permasalahan tersebut, tesis ini bertujuan untuk menemukan permainan edukatif berbasis multimedia yang dapat mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau yang lebih dikenal dengan istilah Research & Development (R&D). Model pengembangan dalam penelitin ini mengadopsi teori pengembangan Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip. Adapun teori yang digunakan adalah Permainan Edukatif, Kecerdasan Spiritual dari Jalaluddin Rakhmat, Model Pengembangan Media dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode penelitian dalam tesis ini meliputi tiga tahap, yaitu analisis, desain dan pengembangan. Analisis teoritis menemukan sebabsebab ketidak mampuan permainan edukatif dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak dan konsep perminan edukatif berbasis multimedia yang mamapu mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Temuan tersebut kemudian didesain dalam bentuk games interaktif (CD-ROM) dengan menggunakan program Macromedia Flesh Proffesional 8. Selanjutnya, pengembangan dilakukan dengan validasi ahli materi dan ahli media serta uji lapangan terbatas. Hasil penelitian menujukkan bahwa permainan edukatif berbasis multimedia yang diformat dalam bentuk CD-ROM interaktif dalam tesis ini mampu mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, Penelitian ini menghasilkan temuan baru berupa model Permainan Edukatif Spiritual berbasis multimedia (Spiritual Education Game: SEG). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Permainan Edukatif KW - Kecerdasan Spiritualitas KW - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) M1 - masters TI - MODEL PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI AV - restricted EP - 171 ER -