<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008)"^^ . "Ciri utamanya abad 21 adalah kompetisi bebas, di mana selalu ada yang menang\r\ndan kalah. Kompetisi bebas ini telah menyebabkan timbulnya persaingan. Di tengah\r\nketatnya persaingan, tidak semuanya berjalan mulus dan lancar. Keadaan ini memaksa\r\nkemungkinan terjadi banyaknya pelanggaran dan penyimpangan yang dilakukan oleh\r\nberbagai pihak yang bisa merugikan pihak lain. Salah satunya adalah konsumen.\r\nSehingga sangat diperlukan perlindungan terhadap konsumen. Perlindungan konsumen\r\nadalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi\r\nperlindungan kepada konsumen. Berbicara tentang perlindungan konsumen berarti\r\nmembicarakan jaminan atau kepastian tentang terpenuhinya hak-hak konsumen.\r\nPerlindungan konsumen ini sangat penting guna mencegah tindakan-tindakan\r\npelanggaran konsumen.\r\nSalah satu jenis bidang hukum perlindungan konsumen adalah bidang investasi\r\nperbankan syari’ah. Nasabah atau investor selaku konsumen produk dan jasa investasi\r\nperbankan syari’ah mempunyai hak-hak yang harus dipenuhi dan dilindungi. Hak ini\r\nmuncul dari perjanjian antara pihak manajemen bank dan nasabah akibat adanya akad\r\ntransaksi produk barang dan jasa investasi. Namun dalam kenyataannya, hak tersebut\r\nbanyak yang tidak terpenuhi dan terabaikan. Pelanggaran-pelanggaran hukum\r\nperlindungan konsumen ini jelas sangat bertentangan dengan landasan teoritisnya yaitu\r\nperaturan-peraturan resmi yang berlaku di Indonesia yang menyatakan bahwa hak-hak\r\ninvestor selaku konsumen produk dan jasa investasi tersebut harus dipenuhi. Anehnya, di\r\nnegara Republik Indonesia ini kita seperti dipaksa untuk mengakui dan menyaksikan\r\neksistensi penegakan hak konsumen menjadi “barang mewah dan langka” yang sulit\r\nuntuk digapai. Ironisnya, justru hal ini terjadi di negara kita yang dikenal sebagai negara\r\nyang berdasarkan hukum (Rechtstaat). Oleh karena itulah perlindungan konsumen sangat\r\ndibutuhkan tak terkecuali para investor.\r\nPerlindungan konsumen ini merupakan fenomena baru yang sangat menarik untuk\r\ndikaji dan diteliti. Hal ini memberikan kesempatan kepada penyusun untuk menemukan\r\nkonsep baru tentang perlindungan konsumen terutama pada bidang hukum investasi\r\nperbankan syari’ah. Untuk lebih aplikatif dan nyata serta untuk lebih mengetahui secara\r\nmendalam mengenai perlindungan konsumen pada produk dan jasa investasi perbankan\r\nsyari’ah maka kami korelasikan dengan perbandingan yang terjadi di lapangan, yaitu di\r\nBank Syari’ah Mandiri cabang Yogyakarta.\r\nKajian ini merupakan kajian yang bersifat kualitatif, dengan jenis penelitian\r\nlapangan yang bersifat eksploratif-analitik dan pendekatan yang digunakan adalah\r\npendekatan fiqh ekonomi Islam yang berhubungan dengan masalah perlindungan\r\nkonsumen pada produk dan jasa investasi perbankan syari’ah. Penelitian ini bersifat\r\neksploratif-analitik dengan teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan),\r\ninterview (wawancara), kuesioner (angket) dan dokumentasi.\r\nBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperolehlah hasil penelitian\r\nbahwa secara keseluruhan perlindungan konsumen pada produk dan jasa investasi\r\nperbankan syari’ah di Bank Syari’ah Mandiri cabang Yogyakarta sudah terlaksana dengan\r\nbaik yaitu dengan terlindunginya beberapa hak nasabah atau investor selaku konsumen produk dan jasa investasi perbankan syari’ah dalam proses awal investasi, pengelolaan\r\ndana investasi serta pembagian keuntungan investasi. Selain itu juga ditemukan beberapa\r\nbentuk perlindungan konsumen. Ada satu hak yang belum terlindungi secara maksimal\r\nyaitu hak untuk mendapatkan penyelesaian hukum, begitu pula bentuk perlindungannya,\r\njuga belum ditemukan bentuk perlindungan dalam mendapatkan advokasi dan\r\npenyelesaian sengketa. Ini dikarenakan sengketa atau klaim nasabah yang ditujukan\r\nkepada pihak bank dapat diselesaikan secara damai dan kekeluargaan. Selain itu, ini juga\r\ndisebabkan beberapa hal yaitu kurang maksimalnya upaya aplikasi UU Perlindungan\r\nKonsumen di lapangan, kurangnya dukungan pemerintah, adanya hambatan yuridis,\r\nadanya ketidakjelasan bidang dan orientasi implementasi perlindungan konsumen di\r\nlapangan, ketidaktahuan investor selaku konsumen produk dan jasa investasi tentang hakhak\r\nmereka sebagai konsumen, adanya sikap tidak peduli dan acuh tak acuh para investor\r\nterhadap hak-hak mereka sebagai konsumen, investor selaku konsumen produk dan jasa\r\ninvestasi tidak mau mengajukan tuntutan hukum, serta adanya tarik-menarik berbagai\r\nkepentingan di antara para pelaku usaha. Perlindungan konsumen pada produk dan jasa\r\ninvestasi perbankan syari’ah di Bank Syari’ah Mandiri cabang Yogyakarta juga sudah\r\nsesuai dengan hukum ekonomi Islam dan memenuhi standar legitimasi syari’ah Islam\r\ndalam bidang ekonomi, yang didasarkan pada dengan kaidah-kaidah ekonomi Islam yang\r\nberdasarkan pada sumbernya yaitu al-Qur’an, Sunnah, serta dalil-dalil fiqih."^^ . "2008" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 06.233.363"^^ . "Annisa Sayyid"^^ . "NIM. 06.233.363 Annisa Sayyid"^^ . . . . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, BAB V.pdf"^^ . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Text)"^^ . . . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Other)"^^ . . . . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Other)"^^ . . . . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Other)"^^ . . . . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Other)"^^ . . . . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6818 \n\nPERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008)\n\n" . "text/html" . . . "Hukum Islam"@id . .