%A NIM.: 20104020055 Yumna Fathi Nuha %O Dudung Hamdun M.Si %T AL ‘ALAQAH BAIN NAW’ AL SHAKHSIYYAH WA TARIQAH AL TA’LIM AL LUGHAH AL ARABIYYAH BI JAMI’AH SUNAN KALIJAGA AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH YOGYAKARTA DAFI’AH 2022 %X Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui hubungan tipe kepribadian dengan gaya belajar mahasiswa. 2) Mengetahui pengaruh tipe kepribadian dengan gaya belajar mahasiswa terhadap kemampuan kalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian korelasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, dengan instrumen penelitian berupa pedoman angket dan nilai mata kuliah al-kalam. Data yang didapat kemudian diolah kembali dalam bentuk angka oleh peneliti dan diinterpretasikan hasilnya dalam bentuk penjelasan. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa gaya belajar mahasiswa pendidikan bahasa arab didominasi oleh gaya belajar kinestetik dengan presentase sebesar 39,51%. Sedangkan tipe kepribadian mahasiswa pendidikan bahasa arab didominasi oleh tipe introvert dengan presentase sebesar 72,84%. Hasil analisis regresi menggunakan uji T menunjukkan nilai P-value (sig) 0,884 > tingkat signifikansi 0,05 berarti tidak ada hubungan antara gaya belajar dengan nilai UAS Kalam. Hasil analisis regresi menggunakna uji T menunjukkan nilai P-value (Sig) 0,743 > tingkat signifikansi 0,05 berarti tidak ada hubungan antara tipe kepribadian dengan nilai UAS Kalam. %K Hubungan; Gaya Belajar; Tipe Kepribadian; Al-Kalam %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib68193