TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag. ID - digilib6820 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6820/ A1 - Aushafil Karimah, NIM : 09.261.014 Y1 - 2011/// N2 - Pengembangan Kreativitas Berpikir Anak Usia Dini Dengan Permainan Bahasa Di RA. DWP. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA) Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai upaya pengembangan kreativitas berpikir pada anak usia dini dengan permainan bahasa. Penelitian ini menjadi menarik dan penting karena metode intervensi untuk pengembangan kreativitas berpikir pada anak menggunakan permainan-permainan bahasa sebagai materinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologis. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan disajikan dengan metode deskriptif analisis, sehingga dapat diketahui hasil akhir dari penelitian ini. Seperti yang kita ketahui bahwa anak usia dini adalah makhluk yang paling kreatif di dunia. Kreativitas yang dimiliki oleh anak kemudian terus menurun seiring perkembangan usia dan banyaknya intervensi berbagai macam hal terhadap anak. Dengan berlandaskan hal tersebut, para pakar anak usia dini mengadakan penelitian tentang pengembangan-pengembangan kreativitas pada anak usia dini yang di antaranya adalah pengembangan kreativitas dengan permainan bahasa seperti yang kemudian diteliti kembali oleh peneliti dengan diaplikasikan secara riil di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara mengintervensi anak usia 4-6 tahun atau usia pra sekolah dengan beberapa permainan bahasa yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan tahapan perkembangan usia anak untuk mengetahui tingkat keberhasian permainan bahasa untuk pengembangan kreativitas berpikir anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada perkembangan berpikir dan imajinasi anak setelah dilakukan intervensi pembelajaran dengan beberapa permainan bahasa selama kurang lebih dua minggu masa intervensi. Hal tersebut menunjukkan adanya korelasi antara bahasa atau permainan bahasa dengan perkembangan imajinasi, kreativitas berpikir anak, dan terhadap perkembangan kognisi serta intelegensi anak, sehingga anak bisa lebih kreatif berpikir dan lebih bisa mengungkapkan ide atau pemikiran mereka. Keberhasilan dalam penelitian ini mengidentifikasi bahwa dalam hal keilmuan dan strategi belajar mengajar, metode ini dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas berpikir pada anak. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kreativitas KW - Berpikir KW - Anak Usia Dini KW - Permainan Bahasa M1 - masters TI - PENGEMBANGAN KREATIVITAS BERPIKIR ANAK USIA DINI DENGAN PERMAINAN BAHASA DI RA. DWP. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA AV - restricted ER -