%0 Thesis %9 Masters %A Muhammad Nuruzzaman Syam, NIM.: 21204022014 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68206 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K E-Modul; Keterampilan Menulis; Al-Khot %P 203 %T TATWIR AL WAHDAH AL ELEKTRONIYYAH AL TAFA’ALIYYAH LI KITABAH AL ‘ARABIYYAH AL ASASIYYAH LI TAZYID MAHARAH AL KITABAH AL ‘ARABIYYAH FI MADAH AL KHAT LADA TALABAH QASM TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH JAMI’AH SUNAN KALIJAGA AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68206/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar menulis Arab, yang disebabkan oleh minimnya bahan ajar yang interaktif dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran modern. Penggunaan buku dan modul elektronik konvensional yang kurang menarik dan tidak interaktif sering kali membuat mahasiswa kurang termotivasi dan kesulitan memahami materi menulis Arab dengan baik. Dengan demikian, diperlukan pengembangan bahan ajar yang lebih inovatif dan efektif, seperti e-modul interaktif, yang dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan memudahkan mahasiswa dalam memahami dan mempraktikkan keterampilan menulis Arab. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan e-modul interaktif menulis Arab dasar khot naskhi; 2) Mengetahui efektivitas e-modul interaktif menulis Arab dasar khot naskhi yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan uji n=gain score. Hasil penelitian ini adalah: 1) E-modul interaktif menulis Arab dasar yang memuat materi khot naskhi dan disajikan dalam bentuk teks bacaan, gambar, video, dan link website materi pendukung pembelajaran; 2) Hasil uji efektivitas e-modul yang telah dikembangkan menunjukkan nilai t-test 0,000 dan nilai n-gain 0,64 dengan persentase 64% dengan kategori “cukup efektif”. Artinya penggunaan e-modul yang telah dikembangkan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. %Z Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag. M.Ag.