%A NIM.: 20200011004 Aprilia Chusna Maimanah %O Pembimbing: Dr. Nurus Sa‟adah, S.Psi., M.Si., Psi., %T EFEKTIVITAS CINEMA THERAPY UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK SANTRIWATI PONDOK PESANTREN DARUL MUSLIHIN YOGYAKARTA %X Stres Akademik merupakan tekanan dan rasa tidaknyaman yang dikarenakan academic stressors yaitu aktivitas yang berkaitan dengan akademik. Stres akademik sering dialami pelajar terutama yang bersekolah di Pondok Pesantren karena lembaga pendidikan tersebut memiliki beban aktivitas akademik yang berkalilipat. Pelajar yang mengalami stres akademik dapat mengalami penurunan psikologis seperti motivasi dan disfungsi pribadi. Oleh karena itu, stres akademik sangat berbahaya apabila tidak segera diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas cinema therapy untuk menurunkan stres akademik pada santriwati Pondok Pesantren Darul Muslihin Yogyakarta di cabang pusat. Hipotesis penelitian ini adalah (Ha) cinema therapy efektif untuk menurunkan stres akademik santriwati Pondok Pesantren Darul Muslihin Yogyakarta Cabang Pusat. Penelitian ini berjenis Pre-Experimen dengan One Grup Pre-test Post-test Design yang menggunakan jenis sampling yaitu sampel jenuh dimana seluruh santriwati Pondok Pesantren Darul Muslihin Yogyakarta cabang pusat yang berjumlah 36 orang menjadi subjek dalam penelitian ini. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert 4 kategori dan 50 item. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa Santriwati Pondok Pesantren Darul Muslihin Yogyakarta cabang pusat mengalami stres akademik dengan tingkatan sedang (75%) dan tinggi (25%). Stres akademik pada santriwati Pondok Pesantren Darul Muslihin Yogyakarta cabang pusat disebabkan oleh persepsi negatif berupa tekanan (75%), konflik (73%), prubahan (73%), frustasi (71%) dan pemaksaan diri (70%). Sedangkan ada beberapa reaksi yang timbul saat santriwati Pondok Pesantren Darul Muslihin Yogyakarta cabang pusat mengalami stres akademik, diantaranya reaksi emosional (68%), kognitif (68%), perilaku (60%) dan fisik (57%). Adapun seluruh hasil pre-test total skornya adalah 4749 dengan rata-rata 131,92. Setelah dilaksanakan cinema therapy, hasil total skor post-test adalah 3719 dengan rata-rata 103,31. Skor pre-test dan post- test kemdian di analisis dengan uji non- parametrik Wilcoxon, hasilnya adalah terdapat negative ranks dengan mean ranks 18,50 dan total ranks 666,00 pada jumlah N 36. Sedangkan pada nilai Test Statistic Wilcoxon, terdapat nilai Asymp.Sig.(2 tailed) adalah 0,000 yang memiliki jumlah lebih kecil daripada 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa adanya keefektivan cinema therapy untuk menurunkan stres akademik pada Santriwati Pondok Pesantren Darul Muslihin Yogyakarta cabang pusat. %K Stres kademik; Cinema therapy; Pondok Pesantren. %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib68225