TY  - THES
N1  - Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.S., M.Si
ID  - digilib68264
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68264/
A1  - Efi Amrina Lubis, S.IP, NIM.: 21200012015
Y1  - 2024/06/20/
N2  - Analisis kesenjangan
menunjukkan bahwa cara yang mudah dan tepat untuk mengidentifikasi inkonsistensi
adalah dengan membandingkan persepsi penyedia terhadap kinerja layanan.
Mengatasi kesenjangan ini merupakan langkah logis untuk merumuskan strategi guna
memastikan harapan dan persepsi yang dirasakan pengguna perpustakaan, sehingga
meningkatkan kepuasan dan kualitas. Metode LibQUAL+TM dianggap paling mutakhir
untuk mengukur kualitas layanan, ada tiga dimensi dalam metode
LibQUAL+TMidijadikan sebagai variabel pengukuran kualitasilayanan, yaitu: 1)
Kinerja pustakawanidalam pelayanan (Affect of Service), 2) Kualitasiinformasi dan
akses informasi (information control), 3) Sarana perpustakaan (Library as Place)
Penelitian ini mengaplikasikan metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis
data, digunakan model importance and performance analysis (IPA), yang terdiri dari
dua bagian: analisis kesenjangan (gap) dan analisis kuadran. Sampel penelitian ada 80
responden mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah Nilai keseluruhan atribut tiga
dimensi yaitu kinerja pustakawan (service of affect), Kualitas informasi (information
control), dan sarana perpustakaan (library Place) kualitas layanan (Q) 0,82, 0,84, dan
0,84 < 1 dan jika dilihati dari keseluruhan 0,84 < 1 yang berarti tingkat kinerja
(persepsi) di Perpustakaan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga lebih rendah dari pada
nilai tingkat kepentingannya (harapan). Berarti ketiga dimensi LibQUAL+TM bernilai
negatif. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas layanan di perpustakaan Pascasarjana
UIN Sunan Kalijaga belum dapat memenuhi harapan mahasiswa (pemustaka).
Sebagai rekomendasi pada penelitian ini kepada Perpustakaan Pascasarjana
UIN Sunan Kalijaga untuk memberikan perhatian khusus, melakukan evaluasi, dan
meningkatkan kinerja perpustakaan, terutama pada indikator-indikator
LibQUAL+TM yang berada di kuadran I diagram kartesius. Beberapa saran yang
dapat diberikan adalah, pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan sebaiknya
memiliki prosedur operasional standar yang berfungsi sebagai panduan dalam semua
aktivitas perpustakaan, termasuk dalam layanan perpustakaan, untuk memberikan
pelayanan yang optimal bagi mahasiswa. Kepada atasan/direktur Pascasarjana UIN
Sunan Kalijaga untuk memberikan perhatian dan mengevaluasi Perpustakaan
Pascasarjana agar semakin bagus kedepannya melihat pengunjung perpustakaan tiap
tahunnya bertambah.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Perpustakaan
KW  -  Kualitas informasi
KW  -  Metode LibQUAL+TM
M1  - masters
TI  - ANALISIS KESENJANGAN ANTARA HARAPAN DAN PERSEPSI
MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN
METODE LIBQUAL+TM DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA
UIN SUNAN KALIJAGA
AV  - restricted
EP  - 190
ER  -