eprintid: 68286 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/82/86 datestamp: 2024-10-29 02:22:25 lastmod: 2024-10-29 02:22:25 status_changed: 2024-10-29 02:22:25 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Irfani Fathunaja, NIM.: 0200011029 title: IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR AKADEMIK BAGI ANAK KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi Kasus di Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis) ispublished: pub subjects: bim_kons divisions: bim_kon full_text_status: restricted keywords: Bimbingan Karir; Akademik; PKH Kabupaten Ciamis note: Pembimbing: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag abstract: Irfani Fathunaja, S.Kom.I., NIM. 20200011029. Implementasi Bimbingan Karir Akademik Bagi AnakKeluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Terhadap Motivasi Melanjutkan Kuliah di Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Tesis. Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, Program Magister, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022. Pembimbing: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag Bantuan sosial berupa pemberian uang bulanan bagi anak sekolah baik di tingkat SD/SMP/SMA yang diharapkan mampu memberikan peluang pekerjaan lebih baik ketika lulus nantinya, ternyata dirasa belum cukup, masih perlu penunjang lain yaitu pendidikan di tingkat perguruan tinggi, Bimbingan karir akademik saat ini sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan kesiapan anak menghadapi dunia perkuliahan terlebih mereka berasal dari keluarga penerima manfaat program keluarga harapan yang dipandang sebagai masyarakat dengan ekonomi terbatas. Hal ini dibutuhkan sehingga anak keluarga penerima manfaat dan orang tua mampu memahami perbedaan antara sekolah dan kuliah melalui persiapan yang dilakukan oleh PPKH Kabupaten Ciamis yaitu Gerakan Ayo Kuliah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi program bimbingan karir anak KPM PKH untuk meningkatkan motivasi melanjutkan kuliah yang ada di PPKH Kabupaten Ciamis khususnya wilayah kecamatan Lakbok Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif . dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber primer dan sekunder sebagai pengumpulan datanya. Pengambilan sampel menerapkan purposif sampling untuk memilih sumber data primer yang meliputi siswa anak penerima bantuan PKH, orang tua siswa, pendamping PKH, dan Koordinator PKH Kabupaten Ciamis. Informasi sekunder, sementara itu, dikumpulkan dari website Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bimbingan karir yang dilakukan oleh pendamping melalui layanan konseling individual dan layanan bimbingan klasikal. Metode konseling individual yang digunakan menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, artinya bisa memakai direktif, non direktik atau elektrik. Namun dalam pelaksanaanya pendamping paling sering memakai teknik eklektif. Sedangkan layanan bimbingan klasikal metode yang digunakan dalam bimbingan klasikal adalah metode ceramah dan diskusi. Metode ceramah dan diskusi dilakukan oleh pendamping, Alumni dan mendatangkan narasumber yang kompeten dalam bidang karir. Materi Kegiatan pilihan jurusan ini bisa menceritakan mengenai pengalaman sebagai seorang pendamping, bagaimana proses persiapannya dan bagaimana menempuh suatu jenjang perkuliahan, dan bagaimana menjadi seorang yang sukses di dunia pendidikan. Materi yang sampaikan adalah mengenai pilihan jurusan-jurusan di perguruan tinggi yaitu yang berkaitan dengan pilihan jurusan setelah lulus SMA. date: 2023-12-13 date_type: published pages: 124 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: Irfani Fathunaja, NIM.: 0200011029 (2023) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR AKADEMIK BAGI ANAK KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi Kasus di Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68286/1/20200011029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68286/2/20200011029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf