@phdthesis{digilib68309, month = {August}, title = {IMPLEMENTASI TEKNIK REWARD DI KELAS B RA AT - TARBIYAH CIMANGGU LANGKAPLANCAR PANGANDARAN JAWA BARAT}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104030020 Risma Alda Gunawan}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. Rohinah, S. Pd.I., M.A.}, keywords = {reward; pendidikan karakter; peserta didik}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68309/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini yaitu implemetasi teknik reward di sekolah tingkat Anak Usia Dini yang ada di daerah kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, Sekolah ini memiliki implementasi teknik reward yang lebih menarik dibandingkan dengan sekolah lain. Bukan hanya pemberian reward secara verbal tapi juga dengan non verbal dengan menggunakan teknik yang lebih menarik di gunakan diKelompok yang bisa menumbuhkan hal positif terhadap perilaku peserta didik. Upaya pemberian reward ini sebenarnya tidak harus selalu dilakukan di sekolah, tetapi di rumah juga bisa dalam upaya menumbuhkan semangat anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik yang dilakukan pendidik dalam pemebrian reward kepada peserta didik dan bagaimana hasilnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di RA At ? Tarbiyah Cimanggu. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan meredukasi data, menyajikan data lalu memverifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian implementasi teknik reward di kelas B RA At ? Tarbiyah ini sudah cukup baik. Peserta didik menjadi lebih semangat dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran dan juga mempengaruhi terhadap kedisiplinan peserta didik. Meskipun ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penerapan tekni reward ini. Tapi, pendidik memilki teknik yang bagus dalam mengatasi masalah ini. Maka dapat disimpulkan bahwa reward merupakan suatu tekknik yang bisa mempengaruhi kegiatan bermain dan balajar peserta didik.} }