%0 Thesis %9 Skripsi %A Faisal, NIM.: 17104090010 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68310 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K local content curriculum; pesantren; education management %P 136 %T MANAJEMEN PELAKSANAAN KURIKULUM MUATAN LOKAL KEPESANTRENAN DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN DUKUHSARI PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68310/ %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan kurikulum muatan lokal kepesantrenan dalam Instansi Pendidikan. Sebagai sekolah yang berbasis pesantren MTs Raudhatul Muttaqien menerapkan kurikulum muatan lokal kepesantrenan Tahfidz dan Aswaja. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan secara mendalam untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai efektivitas dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan kurikulum muatan lokal kepesantrenan di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru mata pelajaran muatan lokal kepesantrenan, serta peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data Miles & Huberman yang mencakup tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian, Proses perencanaan kurikulum muatan lokal kepesantrenan di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan termuat di Kurikulum Madrasah yang berlandaskan pada KOM (Kurikulum Operasional Madrasah), yang berisikan tentang visi misi dan tujuan madrasah, pengorganisasian pembelajaran, rencana pembelajaran, serta pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional. Pada perencanaan, muatan lokal kepesantrenan ini masuk dalam kegiatan intrakurikuler yang berbentuk mata pelajaran Tahfidz dan Aswaja. Dalam tahap pelaksanaan, MTs Raudhatul Muttaqien menerapkan mata pelajaran Tahfidz dan Aswaja dengan berbagai strategi dan alokasi waktu keduanya satu kali seminggu. Evaluasi kurikulum dilakukan dengan melihat dua aspek: aspek muatan melalui tes tulis dan praktik untuk menilai aspek kognitif dan pemahaman keagamaan peserta didik, serta aspek hambatan-hambatan dalam pelaksanaan, seperti penambahan jumlah guru sesuai bidang dan penerbitan buku ajar berbasis ISBN untuk mempermudah proses pembelajaran. %Z Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag