TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag ID - digilib68311 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68311/ A1 - Muhamad Adam Khatami, NIM.: 17104090014 Y1 - 2024/05/28/ N2 - Manajemen sumber daya manusia menjadi perhatian utama yang melatarbelakangi penelitian ini. Berawal dari keresahan peneliti terkait kualitas sumber daya manusia di lingkungan pendidikan sebagai pelaku utama untuk menciptakan generasi-generasi terbaik melalui pendidikan di sekolah. Untuk mengidentifikasi kualitas sumber daya manusia maka perlu adanya manajemen untuk mengelola dan mengendalikan peranan setiap individu berjalan sesuai standar yang berlaku. Proses manajemen itu juga akan menunjukkan apakah manajemen yang diterapkan bisa berdampak fungsional atau disfungsional, konstruktif atau destruktif, maka perlu kiranya adanya strategi sebagai alat untuk memetakan rancangan-rancangan manajemen tersebut sehingga mampu menjadi hal yang positif untuk kemajuan dan kualitas sumber daya manusia di lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak strategi yang dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia yang bertempat di MAN 4 Bantul Yogykarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan kepala madrasah sebagai subjek penelitian. Sampel pada penelitian ini yaitu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang didasarkan pada kriteria 3M, mengetahui, memahami, dan mengalami. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan model Analysis Interactive yang meliputi transcript, coding, grouping, comparing dan contrasting. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh kepala madrasah cukup berdampak dan konstruktif terhadap peningkatan mutu SDM di MAN 4 Bantul Yogyakarta, hal ini didasarkan pada pengelolaan sumber daya, pola komunikasi, struktur organisasi, dan perbedaan individu yang baik. Adapun strategi manajemen yang diterapkan oleh kepala madrasah yaitu dengan strategi competiting dan collaborating. Strategi yang diterapkan kepala madrasah tersebut cukup berdampak pada peningkatan mutu atau kualitas sumber daya manusia dari segi kualitas intelektual yaitu berupa pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam pengorganisasian dan manajemen. Kemudian berdampak juga pada pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan sistem digital untuk kebutuhan administrasi dan pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - sumber daya manusia; pola komunikasi; kualitas intelektual M1 - skripsi TI - STRATEGI KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 103 ER -