%0 Thesis %9 Skripsi %A Mudharisal Lukman, NIM.: 19104010087 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68313 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K guru akidah akhlak; karakter religius; proses belajar %P 207 %T MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ULUM KRETEK BANTUL: PERAN DAN METODE GURU AKIDAH AKHLAK %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68313/ %X Latar belakang penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum adalah rata-rata semua siswa mengimplementasikan karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di luar jam sekolah, hal ini sangat terdukung dengan lingkungan tempat tinggal yang selalu menunjukan karakter yang sopan dan adab yang baik sehingga hal ini bias ditiru oleh Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum. Di satu sisi ada bebrapa anak yang tindakannya tidak sesuai ekspetasi guru-guru yang ada di sekolah tersebut Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan Subjek penelitian terdiri dari 7 siswa dan 2 guru dan adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi kata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dalam membentuk karakter siswa adalah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, penasehat. Dengan beberapa peran itu, guru mampu membentuk karakater religius siswa. Metode yang digunakan adalah keteladanan, ceramah, memberikan contoh yang baik, mendorong siswa untuk berbuat baik terhadap sesama dan melibatkan siswa dalam kegiatan social dan agama. %Z Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si.