TY - THES N1 - Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi, M.A. ID - digilib68314 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68314/ A1 - Halimah Arifia Syaharani, NIM.: 20104010102 Y1 - 2024/08/09/ N2 - Pemahaman dan penerapan etika dalam penggunaan media sosial menjadi semakin penting terutama dalam pencegahan dampak negatif dari penggunaan media sosial. Literasi digital dianggap sebagai salah satu kemampuan yang dapat membantu individu memahami dan menerapkan etika dalam penggunaan media sosial. Namun, pada kenyataannya, terdapat peserta didik yang sudah memahami dan menerapkan etika dengan baik dalam penggunaan media sosial, sementara beberapa lainnya belum menerapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris perbedaan etika dalam penggunaan media sosial dengan tingkat literasi digital. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.C dan X.E MAN 4 Bantul yang berjumlah 71 peserta didik. Subjek tergolong menjadi tiga kategori, yaitu peserta didik yang tinggi, sedang dan rendah dalam tingkat literasi digital. Adapun metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yaitu, dengan skala literasi digital dan skala etika dalam penggunaan media sosial. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan uji chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan etika dalam penggunaan media sosial dengan tingkat literasi digital (?² = 5,545; p = 0,063; p > 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa literasi digital tidak secara signifikan mempengaruhi atau membedakan perilaku etika dalam penggunaan media sosial di kalangan peserta didik. Dengan demikian, meskipun literasi digital penting, faktor ini tidak dapat dianggap sebagai penentu utama dari perilaku etika dalam penggunaan media sosial. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - media sosial; literasi digital; ertika; privasi M1 - skripsi TI - ETIKA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN TINGKAT LITERASI DIGITAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 4 BANTUL AV - restricted EP - 143 ER -