@phdthesis{digilib68315, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNO-RME PADA BUDAYA MENARA KUDUS DALAM MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104040002 Nidaur Rahma Aulia}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd,.M.Pd}, keywords = {LKPD, etno-RME, kemampuan pemecahan masalah matematis}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68315/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etno-RME pada budaya menara Kudus yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze ? Design ? Develop ? Implement ? Evaluate). Subjek uji coba produk untuk penilaian validitas LKPD terdiri dari lima ahli, sedangkan subjek implementasi dalam pembelajaran adalah 2 kelompok siswa kelas IX SMP Nawa Kartika yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa lembar pedoman observasi, lembar pedoman wawancara, lembar tes, lembar validasi LKPD, lembar validasi RPP, lembar validasi instrumen tes, angket respon pendidik, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kualitas LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan presentase rata-rata sebesar 91,54\%. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan LKPD ini memperoleh persentase nilai rata-rata 89\% sehingga LKPD ini dinyatakan praktis. Berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh persentase ketuntasan peserta didik kelas eksperimen sebesar 75\% dan rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol sehingga LKPD dinyatakan efektif.} }