eprintid: 68316 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/83/16 datestamp: 2024-10-30 06:17:06 lastmod: 2024-10-30 06:17:06 status_changed: 2024-10-30 06:17:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Dalhar, NIM.: 20204090071 title: PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI PESANTREN JOGLO ALIT KLATEN ispublished: pub subjects: 370.114 divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: character education; culture; pesantren note: Pembimbing: Muhammad Qowim, S.Ag. M.Ag., abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pendidikan karakter untuk anak berbasis budaya di pesantren, karena kurangnya perhatian orang tua kepada anak, sehingga pesantren menjadi alternatif mereka belajar dan memperbaiki karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pendidikan karakter di pesantren Joglo Alit dan nilai pendidikan karakter serta bentuk implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif study kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik Snowball. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teriangulasi teknik. Hasil penelitian ini; Pertama, bentuk pendidikan karakter di pesantren Joglo Alit yaitu pendidikan diniyah, sanggar, dojo dan Learning Society. Kedua, nilai pendidikan karakter berbasis budaya di Pesantren Joglo Alit yaitu nilai religius, nasionalis, sportivitas, mandiri dan gotong royong. Ketiga, implementasi pendidikan karakter melalui budaya di pesantren Joglo Alit yaitu melalui strategi keteladanan, penegakan kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, integrasi dan internalisasi, serta pembinaan pada santri agar implementasinya santri tidak hanya berfokus pada ranah kognitif saja, namun ranah afektif dan psikomotoriknya. Keempat, faktor pendukung dan penghambat implementasinya diantaranya: faktor pendukungnya yaitu antuias anak-anak untuk mengikuti belajar dipesantren, keterlibatan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan karakter di pesantren, dukungan pihak luar yang membantu dalam hal sarana dan prasarana. Hambatannya yaitu kurangnya kedisiplinan santri, kurangnya kesadaran wali santri dan kurangnya tenaga pengajar atau pembina. date: 2024-08-09 date_type: published pages: 177 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Dalhar, NIM.: 20204090071 (2024) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI PESANTREN JOGLO ALIT KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68316/1/20104090071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68316/2/20104090071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf