%0 Thesis %9 Skripsi %A Lambang Subagyo, NIM.: 98454039 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2003 %F digilib:68319 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K gejala fisis; fenomena alam; prestasi belajar %P 77 %T HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI GEJALA-GEJALA FISIS SECARA VISUAL DAN CARA BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAU FISIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 MTs NEGERI TRUCUK KLATEN TAHUN PEMBELAJARAN 2003/2004 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68319/ %X Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat memcrlukan kondisi jasmani berupa indera penglihatan dan pendengaran yang baik. karena sebagian besar materinya merupakan pembahasan mengenai fenomena-fenomena alam. Dengan indera penglihatan yang baik maka siswa akan menjadi lancar dalam memahami informasi-informasi visual yang dalam fisika dikenal dengan istilah geiala-gejala fisis. Bagian dari faktor internal berikutnya adalah aspek psikologis yang terdiri atas intelegensi, bakat, minat dan motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan/melibatkan dua variabel bebas dan satu variac,cl terikat. Kedua variabel bebas tersebut adalah kemampuan memahami gejala-gejala fisis secara visual (X1) dan cara belajar fisika (X2). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar fisika ( Y). Pengumpulan data dengan metode tesdan metode angket. Kesimpulan penelitian adalah: 1. Ada hubungan yang positif dan bennakna antara kemampuan memahami gejala-gejala fisis secara visual dengan prestasi belajar fisika pada siswa kelas 2 semester 1 MTs Negeri Trucuk Klaten Tahun Pembelajaran 2003/2004. Hal ini ditunj ukkan oleh ni1ai flv-2 sebesar 0,364 yang lebih besar daripada r tabel sebesar 0,216. 2. 2. Ada hubungan positif dan bennakna antara cara belajar fisika dengan prestasi belajar fisika pada siswa kelas 2 semester 1 MTs Negeri Tnicuk Klaten Tahun Pembelajarnn 2003/2004. Hal ini ditunjukkan oleh nilai ny-1 sebesar 0,399 yang lebih besar daripada r tabel sebesar 0,216. 3. Ada hubungan positif dan bermakna antara kemampuan memahami gejala­gejala fisis secara visual dan cara belajar fisika secara bersama-sama dengan prestasi belajar fisika pada siswa kelas 2 semester 1 MTs Negeri Trucuk Klaten Tahun Pembelajaran 2003/2004. 4. 4.Prediktor cara belajar fisika mempunyai konstribusi yang lebih besar, yang ditunjukkan oleh nilai sumbangan efektif variabel kemampuan memahami gejala-gejala fisis secara visual sebesar 14,228% dan sumbangan relatifnya sebesar 45,626%. Besamya sumbangan efektif variabel cara belajar fisika sebesar 16,956% dan nilai sumbangan rclatifnya sebesar 54,374%. %Z Pembimbing: Suprihanto, S.Pd