eprintid: 68319 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/83/19 datestamp: 2024-10-30 07:34:18 lastmod: 2024-10-30 07:34:18 status_changed: 2024-10-30 07:34:18 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Lambang Subagyo, NIM.: 98454039 title: HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI GEJALA-GEJALA FISIS SECARA VISUAL DAN CARA BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAU FISIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 MTs NEGERI TRUCUK KLATEN TAHUN PEMBELAJARAN 2003/2004 ispublished: pub subjects: 530.7 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: gejala fisis; fenomena alam; prestasi belajar note: Pembimbing: Suprihanto, S.Pd abstract: Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat memcrlukan kondisi jasmani berupa indera penglihatan dan pendengaran yang baik. karena sebagian besar materinya merupakan pembahasan mengenai fenomena-fenomena alam. Dengan indera penglihatan yang baik maka siswa akan menjadi lancar dalam memahami informasi-informasi visual yang dalam fisika dikenal dengan istilah geiala-gejala fisis. Bagian dari faktor internal berikutnya adalah aspek psikologis yang terdiri atas intelegensi, bakat, minat dan motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan/melibatkan dua variabel bebas dan satu variac,cl terikat. Kedua variabel bebas tersebut adalah kemampuan memahami gejala-gejala fisis secara visual (X1) dan cara belajar fisika (X2). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar fisika ( Y). Pengumpulan data dengan metode tesdan metode angket. Kesimpulan penelitian adalah: 1. Ada hubungan yang positif dan bennakna antara kemampuan memahami gejala-gejala fisis secara visual dengan prestasi belajar fisika pada siswa kelas 2 semester 1 MTs Negeri Trucuk Klaten Tahun Pembelajaran 2003/2004. Hal ini ditunj ukkan oleh ni1ai flv-2 sebesar 0,364 yang lebih besar daripada r tabel sebesar 0,216. 2. 2. Ada hubungan positif dan bennakna antara cara belajar fisika dengan prestasi belajar fisika pada siswa kelas 2 semester 1 MTs Negeri Tnicuk Klaten Tahun Pembelajarnn 2003/2004. Hal ini ditunjukkan oleh nilai ny-1 sebesar 0,399 yang lebih besar daripada r tabel sebesar 0,216. 3. Ada hubungan positif dan bermakna antara kemampuan memahami gejala­gejala fisis secara visual dan cara belajar fisika secara bersama-sama dengan prestasi belajar fisika pada siswa kelas 2 semester 1 MTs Negeri Trucuk Klaten Tahun Pembelajaran 2003/2004. 4. 4.Prediktor cara belajar fisika mempunyai konstribusi yang lebih besar, yang ditunjukkan oleh nilai sumbangan efektif variabel kemampuan memahami gejala-gejala fisis secara visual sebesar 14,228% dan sumbangan relatifnya sebesar 45,626%. Besamya sumbangan efektif variabel cara belajar fisika sebesar 16,956% dan nilai sumbangan rclatifnya sebesar 54,374%. date: 2003-12-16 date_type: published pages: 77 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lambang Subagyo, NIM.: 98454039 (2003) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI GEJALA-GEJALA FISIS SECARA VISUAL DAN CARA BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAU FISIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 MTs NEGERI TRUCUK KLATEN TAHUN PEMBELAJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68319/1/98454039_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68319/2/98454039_BAB%20II%20sampai%20BAB%20IV.pdf