%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Ledy Bonita Febriany, NIM.: 20102030020
%B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
%D 2024
%F digilib:68368
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K desa wisata; pariwisata berkelanjutan; pemasaran digital;  potensi lokal; paket wisata
%P 127
%T PENGEMBANGAN DESA WISATA: KONSEP PERENCANAAN, PROSES TATA KELOLA DAN MODEL PROMOSI DI DESA WISATA PUNJULHARJO REMBANG
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68368/
%X Pariwisata berkelanjutan merupakan komponen penting dalam pengembangan desa wisata. Namun, salah satu unsur yang penting studi menunjukkan bahwa masih ada pemangku kepentingan yang mempertimbangkan atau menolak integrasi kedua aspek tersebut. Berdasarkan pertimbangan masalah tersebut, riset ini menjadi penting untuk mengeksplorasi bagaimana konsep perencanaan, proses tatakelola dan model promosi dapat diintegrasikan untuk menciptakan desa wisata yang berkelanjutan. Studi ini dikerjakan melalui pendekatan studi kasus dengan memilih Desa Wisata Punjulharjo sebagai lokasi penelitian. Peneliti telah melakukan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi terhadap 12 informan. Hasil penelitian menunjukkan dalam konsep perencanaan, aspek diversifikasi wisata perlu adanya pengembangkan dengan perubahan regulasi agar tercapai kesetaraan, keadilan dan kesejahteraan. Berikutnya, dalam proses tatakelola memerlukan adanya perencanaan strategis dengan melakukan proses engagement sebagai langkah awal untuk memperkuat kolaborasi antar stakeholder. Selain itu, model promosi baik berbasis digital, paket wisata kolaboratif dan promosi berbasis komunitas perlu diperhatikan dalam pengembangan Desa Wisata Punjulharjo. Oleh karena itu, pengembangan desa wisata yang berkelanjutan perlu adanya konsep perencanaan, proses tatakelola dan model promosi yang baik agar tercipta implikasi yang positif dalam masyarakat. Dalam studi ini peneliti merekomendasikan penggunaan konsep Promosi wisata berbasis komunitas sebagai integrasi dalam pariwisata berkelanjutan.
%Z Pembimbing : Ahmad Izudin, M.Si.