%0 Thesis %9 Skripsi %A Afif Azizah, NIM.: 19104030047 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68389 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Merdeka Bermain, Project Based Learning %P 132 %T IMPLEMENTASI MERDEKA BERMAIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELOMPOK B TK IP MUTIARA BATURETNO BANGUNTAPAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68389/ %X Kegiatan belajar anak usia dini salah satunya dengan kegiatan bermain. Maka dibutuhkan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Pembelajaran dilaksanakan dengan membuat proyek yang telah ditentukan. Pembelajaran yang berfokus pada peran guru, mengakibatnya anak menjadi pasif, kurang percaya diri, dan bergantung pada orang lain. Permasalahan yang terjadi di Kelompok B TK IP Mutiara yaitu media pembelajaran belum bervareasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Merdeka Bermain dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelompok B TK IP Mutiara serta untuk mengetahui kegiatan apa saja yang ada dalam pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelompok B. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Tekhnik analisis data yang digunakan terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Tekhnik. Hasil Penelitian Ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Merdeka Bermain Dengan Model Pembelajraan Project Based Learning Kelompok B TK IP Mutiara Banguntapan: (1) Implementasi Merdeka Bermain Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning memberikan kebebasan anak untuk membuat project sesuai minat dan bakatnya. Menjadikan anak lebih aktif dalam pelaksanaan kegiatan berlangsung. Pembelajaran sesuai dengan enam dimensi Pancasila (Berakhlak mulia, Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan global, Gotong royong, Mandiri, Kritis, Dan Bernalar kritis) dan Capaian Pembelajaran yang terdiri dari 3 elemen yaitu Nilai agama dan budi pekerti, Jati diri, dan dasar-dasar literasi ( STEAM). (2)Kegiatan Projeck Based Learning yaitu menulis kata dengan biji-bijian sesuai dengan tema, bermain balok kayu, kolase, menggambar dan mewarnai, mengenal huruf, berhitung, bermain peran, dan puzzle. %Z Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd