@phdthesis{digilib68390, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN MODUL LISTRIK STATIS BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DI MAN 3 BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104050040 Ahmad Khoirun Nada}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. Winarti, M.Pd.Si.}, keywords = {Modul, listrik statis, augmented reality}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68390/}, abstract = {Penelitian ini memilki tujuan untuk: (1) Mengetahui hasil pengembangan dan karakteristik modul listrik statis berbasis augmented reality untuk peserta didik kelas XII SMA/MA di MAN 3 Bantul, (2) Mengetahui kualitas modul listrik statis berbasis augmented reality untuk peserta didik kelas XII SMA/MA di MAN 3 Bantul, (3) Mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap modul listrik statis berbasis augmented reality untuk peserta didik kelas XII SMA/MA di MAN 3 Bantul. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R\&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE, meliputi tahap Analysis (analisis), tahap Design (desain), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi), dan tahap Evaluation (evaluasi). Namun, peneliti membatasi hingga tahap Implementation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian, lembar angket respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan skala Likert dan Guttman untuk mengevaluasi kualitas modul listrik statis berbasis augmented realtiy, serta untuk mengevaluasi respon peserta didik melalui checklist. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Produk berupa modul listrik statis berbasis augmented reality untuk peserta didik kelas XII SMA/MA di MAN 3 Bantul. (2) Kualitas modul listrik statis berbasis augmented reality untuk peserta didik kelas XII SMA/MA di MAN 3 Bantul termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) berdasarkan penilaian oleh ahli produk dan guru fisika mendapatkan masing-masing rata-rata skor 3,55 dan 3,94. (3) Respon peserta didik terhadap modul listrik statis berbasis augmented reality pada uji coba terbatas dan uji coba luas masing-masing memiliki nilai rata-rata 1,00 dan 0,94 dengan kategori Setuju (S). Penerapan teknologi augmented reality dapat mengoptimalkan pembelajaran fisika untuk menghadirkan suasana pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif, asik, dan tidak membosankan} }