%A NIM.: 17106090047 Annisa Nuraini %O Pembimbing: Drs. Nur Untoro, M. Si. dan Ari Cahya Mawardi, M. Pd. %T PENGEMBANGAN APLIKASI GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KINEMATIKA GERAK LURUS SISWA KELAS X SMA N 1 MANGUNJAYA %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan aplikasi game berbasis android sebagai media pembelajaran kinematika gerak, 2) mengetahui respon peserta didik mengenai aplikasi game berbasis android sebagai media pembelajaran, 3) mengetahui kualitas dan kelayakan produk menurut para ahli media, ahli materi dan praktisi pembelajaran (guru) terhadap aplikasi game berbasis android sebagai media pembelajaran kinematika gerak lurus peserta didik kelas X SMA N 1 Mangunjaya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap implementasi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian dan lembar angket respon peserta didik. Sebelum diujicobakan, aplikasi game berbasis android divalidasi terlebih dahulu oleh 2 validator yaitu 1 validator ahli materi dan 1 validator ahli media. Penilaian kualitas aplikasi game berbasis android dan angket respon peserta didik menggunakan skala likert dengan skala 4. Jumlah penilai aplikasi game berbasis android sebanyak 2 ahli materi dan 2 ahli media. Uji coba penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu uji coba terbatas dengan jumlah responden sebanyak 10 orang dan uji coba luas dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Hasil penelitian ini menghasilkan aplikasi game Kinematika Gerak Lurus berbasis android. Kualitas game kinematika gerak lurus berdasarkan penilaian ahli materi dengan skor 3.29 dengan kategori Sangat Baik (SB) dan ahli media dengan skor 3.32 dengan kategori Sangat Baik (SB). Kedua skor tersebut mendapatkan kategori Sangat Baik (SB). Respon peserta didik terhadap game pada uji coba terbatas dan uji coba luas memperoleh rerata skor berturut-turut 3.64 dengan kategori Sangat Baik (SB) dan 3.35 dengan kategori Sangat Baik (SB). Dari hasil penilaian kualitas dan respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa produk penelitian sudah layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas %K media pembelajaran, Adobe Flash CS6, kinematika gerak lurus %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib68405