eprintid: 68405 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/84/05 datestamp: 2024-11-04 08:36:14 lastmod: 2024-11-04 08:36:15 status_changed: 2024-11-04 08:36:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Annisa Nuraini, NIM.: 17106090047 title: PENGEMBANGAN APLIKASI GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KINEMATIKA GERAK LURUS SISWA KELAS X SMA N 1 MANGUNJAYA ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: media pembelajaran, Adobe Flash CS6, kinematika gerak lurus note: Pembimbing: Drs. Nur Untoro, M. Si. dan Ari Cahya Mawardi, M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan aplikasi game berbasis android sebagai media pembelajaran kinematika gerak, 2) mengetahui respon peserta didik mengenai aplikasi game berbasis android sebagai media pembelajaran, 3) mengetahui kualitas dan kelayakan produk menurut para ahli media, ahli materi dan praktisi pembelajaran (guru) terhadap aplikasi game berbasis android sebagai media pembelajaran kinematika gerak lurus peserta didik kelas X SMA N 1 Mangunjaya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap implementasi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian dan lembar angket respon peserta didik. Sebelum diujicobakan, aplikasi game berbasis android divalidasi terlebih dahulu oleh 2 validator yaitu 1 validator ahli materi dan 1 validator ahli media. Penilaian kualitas aplikasi game berbasis android dan angket respon peserta didik menggunakan skala likert dengan skala 4. Jumlah penilai aplikasi game berbasis android sebanyak 2 ahli materi dan 2 ahli media. Uji coba penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu uji coba terbatas dengan jumlah responden sebanyak 10 orang dan uji coba luas dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Hasil penelitian ini menghasilkan aplikasi game Kinematika Gerak Lurus berbasis android. Kualitas game kinematika gerak lurus berdasarkan penilaian ahli materi dengan skor 3.29 dengan kategori Sangat Baik (SB) dan ahli media dengan skor 3.32 dengan kategori Sangat Baik (SB). Kedua skor tersebut mendapatkan kategori Sangat Baik (SB). Respon peserta didik terhadap game pada uji coba terbatas dan uji coba luas memperoleh rerata skor berturut-turut 3.64 dengan kategori Sangat Baik (SB) dan 3.35 dengan kategori Sangat Baik (SB). Dari hasil penilaian kualitas dan respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa produk penelitian sudah layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas date: 2024-08-02 date_type: published pages: 140 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Annisa Nuraini, NIM.: 17106090047 (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KINEMATIKA GERAK LURUS SISWA KELAS X SMA N 1 MANGUNJAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68405/1/17106090047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68405/2/17106090047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf