%0 Thesis %9 Skripsi %A Aulia Rahayu, NIM.: 20104040059 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:68409 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K LKPD, Integrasi Ilmu Fikih, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Efficacy %P 397 %T PENGEMBANGAN LKPD BANGUN RUANG SISI DATAR TERINTEGRASI ILMU FIKIH BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY SISWA MTs %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68409/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bangun ruang sisi datar terintegrasi ilmu fikih berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy peserta didik. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar terintegrasi ilmu fikih yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang mencakup analyze, design, development, implementatiton, dan evaluet. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara, penilaian LKPD, observasi keterlaksanaan pembelajaran, observasi aktivitas peserta didik, angket respon, lembar penilaian angket respon, tes kemampuan pemecahan masalah, lembar penilaian tes kemampuan pemecahan masalah, skala self effcacy, dan lembar penilaian skala self efficacy. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII B (eksperimen) dan VIII C (kontrol) di MTs N 9 Sleman tahun ajaran 2023/2024, dengan desain The Matching-Only Posttest-Only Control Group. Penelitian ini mengungkap bahwa LKPD bangun ruang sisi datar berbasis pendekatan kontekstual yang mengintegrasikan ilmu fikih berhasil dikembangkan melalui lima tahapan model ADDIE. LKPD ini terbukti sangat valid dengan tingkat validitas 88% dan praktis, ditunjukkan oleh respon positif peserta didik sebesar 75,18% serta efektivitas keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai 97,05% hingga 100%. Aktivitas peserta didik juga sangat optimal, dengan keidealan 94,61% hingga 98,53%. LKPD dinyatakan efektif dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal tersebut diperoleh dari uji independen sample t-test. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. (1-tailed) posttest kemampuan pemecahan masalah adalah 0,000 dan self efficacy adalah 0,0005. Adapun rata-rata nilai tes pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 77,65, lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya 61,81. Demikian pula, rata-rata nilai skala self efficacy kelas eksperimen mencapai 43,32, dibandingkan 38,55 pada kelas kontrol. %Z Pembimbing: Dr. Mulin Nu’man, S. Pd., M. Pd