relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68412/ title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI KELAS IV SD/MI creator: Azzah Afifah Al Fadilah, NIM.: 20104080026 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Pembelajaran IPAS khususnya pada materi IPA menuntut peserta didik untuk menggunakan kemampuan berpikir kritis. Dengan berpikir secara kritis, akan memunculkan pertanyaan dan masalah yang lebih kompleks dan merumuskannya secara jelas dan tepat. Namun kenyataannya, masih banyak peserta didik tingkat sekolah dasar yang belum mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya sehingga menghambat proses pemahaman. Hal ini dibuktikan dengan berbagai fakta lapangan pada penelitian ini maupun penelitian sebelumnya. Beberapa contoh kasusnya adalah rendahnya keingintahuan peserta didik, kesulitan memahami pernyataan kompleks, dan sulit menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk, memperoleh kelayakan dari berbagai ahli, dan mengetahui respon pengguna LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada materi transformasi energi pada kelas IV SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D (Fouth-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Pengumpulan data yang menggunakan angket meliputi validasi ahli, penilaian praktisi, dan respon peserta didik selaku pengguna. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik IV A di MI Tahfidzul Qur’an yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini terbukti menghasilkan LKPD berbasis POE materi transformasi energi yang layak digunakan. Dengan hasil penilaian ahli materi dan bahasa dengan kriteria “Layak” serta ahli media dan praktisi dengan kriteria, Lalu penilaian respon pengguna memperoleh skor 236 dari 280 skor maksimal dengan presentase 84,28% yang masuk kedalam kriteria “Sangat Baik”. Pengembangan LKPD ini memiliki implikasi bagi pengembangan pembelajaran IPAS di MI. LKPD berbasis POE dapat menjadi solusi alternatif dalam upaya meningkatkan pemahaman IPAS melalui peningkatan ketrampilan berpikir kritis peserta didik. date: 2024-07-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68412/1/20104080026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68412/2/20104080026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf identifier: Azzah Afifah Al Fadilah, NIM.: 20104080026 (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.