TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I. ID - digilib68413 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68413/ A1 - Azzaria Mida Mustika Dewi, NIM.: 22204021019 Y1 - 2024/07/02/ N2 - Media sosial menjadi wadah untuk memperoleh informasi, mengakses berbagai situs akademik serta berkomunikasi. Tiktok menjadi salah satu media sosial yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat dan juga media pembelajaran bahasa asing. Tiktok dapat menarik minat penggunanya karena memenuhi kebutuhan belajar dan memiliki fitur yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat bentuk kesalahan fonetik dan mengetahui faktor penyebab terjadinya kesalahan fonetik dalam pembelajaran bahasa Arab di media sosial TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan data. Kemudian uji keabsahan data menggunakan triangulasi data teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian memperoleh data bahwa 1) terdapat kesalahan fonetik pada makharijul huruf (vokal dan konsonan), tekanan, intonasi, nada, dan jeda. 2) Di aplikasi tiktok kreator dapat mengimplementasikan mufrodat Bahasa Arab dan mengasah kemampuan berbahasa Arab. Dan memberikan pekerjaan bagi yang berprofesi sebagai content creator. Faktor penyebab terjadinya kesalahan fonetik pembelajaran bahasa Arab di media sosial adalah karena faktor lingkungan dan faktor fisiologis. Karena lingkungan tempat tinggal dapat mempengaruhi cara berbicara sedangkan faktor fisiologis dapat mengganggu konsentrasi seseorang. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - fonetik KW - media sosial KW - bahasa Arab M1 - masters TI - ANALISIS KESALAHAN FONETIK KREATOR MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MEDIA SOSIAL TIKTOK AV - restricted EP - 159 ER -