%A NIM.: 22204085003 Debbi Silvia Aqida %O Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Istiningsih, M.Pd. %T PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL FUN ADVENTURE MATH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN LUAS DAN VOLUME PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR %X Teknologi dalam Pendidikan memiliki peranan untuk memudahkan guru maupun peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran Fun Adventure Math berbasis digital ini ditujukan sebagai pelengkap pembelajaran yang memberikan aksesibilitas dan fleksibilitas dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan media digital fun adventure math dapat memfasilitasi hasil belajar matematika materi pengukuran luas dan volume di Sekolah Dasar. 2) Mengetahui efektivitas penggunaan media fun adventure math berbasis digital pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan cara statistik deskriptif dan statistik parametris. Sedangkan analisis data kualitatif dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diuji cobakan di kelas IV dengan jumlah peserta didik 36 orang. Instrumen dan pengumpulan data penelitian ini menggunakan data hasil penilaian ahli media, ahli materi, ahli instrumen, penilaian guru dan penilaian peserta didik. Hasil validasi media mendapatkan skor 97,6% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi materi mendapatkan skor 91,25% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi instrumen soal dikatakan valid oleh ahli instrumen soal. Sedangkan hasil uji kepraktisan guru mendapatkan skor 88,9% dengan kategori sangat layak. Hasil uji keterbacaan peserta didik mendapatkan skor 92,75% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uji paired simple t-test, media pembelajaran Fun Adventure Math dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV dengan perolehan nilai Sig. (2-tailed) hasil pre test dan post test sebesar 0,020. Jika dilihat berdasarkan teori, apabila nilai Sig.(2-tailed)= 0,020 < 0,05 maka terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media pembelajaran digital Fun Adventure Math. Selanjutnya menghitung tingkat keefektifan media digital fun adventure math berdasarkan skor persentase N-Gain sebesar 55,89 % yang masuk dalam kategori cukup efektif. %K Media Digital, Matematika, Hasil Belajar. %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib68419