%0 Thesis %9 Skripsi %A Nuriyah, NIM.: 05440009 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2009 %F digilib:68420 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Learning Tournament, Proses Pembelajaran, Kompetensi %P 95 %T PENERAPAN LEARNING TOURNAMENT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN KIMIA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68420/ %X Pembelajaran efektif jika didukung dengan aktivitas peserta didik. Semakin besar keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, semakin mendukung pencapaian kompetensi. Learning Tournament diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran efektif yang dapat meningkatkan aktivitas dan pencapaian kompetensi, sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui apakah penerapan Learning Tournament dapat meningkatkan aktivitas peserta didik kelas XA SMA UII Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 dalam pembelajaran kimia, 2) mengetahui apakah penerapan Learning Tournament dapat meningkatkan kompetensi pembelajaran kimia peserta didik kelas XA SMA UII Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 pada tiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XA SMA UII Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pada materi pokok Sistem Periodik Unsur (SPU). Data yang dikumpulkan berupa data observasi aktivitas peserta didik, nilai pre-test, dan post-test pada siklus 1 dan 2. Data observasi untuk mengetahui tingkat peningkatan aktivitas. Nilai pre-test dan post-test untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi pembelajaran kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Learning Tournament dapat diterapkan pada pembelajaran Kimia Materi Pokok Sistem Periodik Unsur (SPU) di SMA UII Yogyakarta. Learning Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan pencapaian kompetensi pembelajaran Kimia peserta didik kelas XA SMA UII Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Peningkatan aktivitas peserta didik dapat dilihat dari masing-masing aspek aktivitas pada kategori baik. Aspek perhatian dan antusias mengalami peningkatan sebesar 36,36 %. Aspek berpartisipasi dalam kelompok meningkat sebesar 22,73 %. Aspek mengerjakan soal secara mandiri meningkat sebesar 13,63 %. Aspek menyelesaikan tugas tepat waktu meningkat sebesar 36,36 %. Aspek mengikuti turnamen dengan semangat meningkat sebesar 9,09 %. Peningkatan kompetensi pembelajaran diketahui dari peningkatan rerata tes pada siklus 1 sebesar 2,3 dan siklus 2 sebesar 2,41. %Z Pembimbing: Siti Fatonah, M.Pd.